Ada Tab Baru di YouTube Music, Pengguna Makin Mudah Cari Musik Anyar

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Apr 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 15 Apr 2020, 13:31 WIB
Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi musik
Perbesar
Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi musik. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - YouTube Music baru saja mengumumkan sedikit perubahan di aplikasinya. Perubahan ini dilakukan menghadirkan tab baru untuk aplikasi di Android maupun iOS. 

Dikutip dari Engadget, Rabu (15/4/2020), tab baru yang dimaksud adalah 'Explore'. Tab anyar ini menggantikan 'Hotlist' yang sebelumnya menempati bagian tengah tampilan antarmuka YouTube Music.

Tidak hanya perubahan nama tab saja, fungsi di dalamnya pun berubah. Berbeda dari Hotlist yang menampilkan video trending, Trending berisi konten baru yang ada di YouTube Music.

Selain menampilkan musik baru, pengguna juga akan disuguhkan deretan playlist yang sudah disesuaikan dengan mood atau genre. Jadi, pengguna dapat menemukan playlist dengan nama 'focus', 'chill', hingga 'commute'.

Langkah serupa juga dilakukan perusahaan untuk aplikasi YouTube. Perubahan dilakukan dengan mengganti tab Trending menjadi Explore.

"Hari ini, tab Trending resmi menjadi Explore. Pembaruan ini akan digulirkan selama beberapa hari ke depan untuk perangkat mobile dan tablet, baik Android maupun iOS," tulis YouTube.

Lewat perubahan ini, YouTube memungkinkan pengguna mengakses lebih banyak konten baru berdasarkan kategori, seperti Music, Gaming, News, Movies & Shows, Fashion & Beauty hingga Learning.

2 dari 3 halaman

Tampilan YouTube Music Berubah, Kini Bisa Munculkan Lirik

Ilustrasi YouTube Music
Perbesar
Ilustrasi YouTube Music. Kredit: Google

Sebelumnya, tampilan tab Now Playing di YouTube Music juga mengalami perubahan. Dilansir Engadget, tampilan tab Now Playing di aplkasi kini dibuat lebih mudah dinavigasikan.

Salah satunya yang paling terlihat adalah tombol yang selalu dimunculkan, berbeda dari versi lama yang disembunyikan. Perubahan ini berlaku untuk tombol shuffle, repeat, Up Next (untuk melihat daftar putar), hingga tombol transisi antara video dan lagu.

Fitur lain yang juga tidak kalah penting adalah lirik yang dapat ditampilkan, meski hanya mendukung beberapa lagu. Sementara itu, warna latar akan menyesuaikan cover album yang sedang ditampilkan.

Dalam beberapa bulan terakhir, YouTube Music memang terus berupaya untuk meningkatkan layanan yang dimilikinya. Salah satunya dilakukan dengan menghadirkan playlist personalisasi atau mix baru bagi para penggunananya.

Adapun tiga playlist itu adalah Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix. Sesuai namanya, ketiganya akan berisi ragam lagu yang sudah dipersonalisasi sesuai selera tiap pengguna.

"Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix, membantu pengguna tetap mengetahui lagu yang baru rilis termasuk memperkenalkan musisi dan lagu lebih luas berdasarkan selera personal," tulis YouTube Music.

3 dari 3 halaman

Proyeksikan YouTube Music jadi Pengganti Google Play Music

Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi video hotlist
Perbesar
Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi video hotlist. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Google sendiri memang sudah memproyeksikan YouTube Music sebagai pengganti Google Play Music dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dilakukan dengan menghadirkannya sebagai aplikasi bawaan di Android 10.

Dengan kata lain, aplikasi tersebut akan hadir untuk perangkat yang dijual dengan Android 10. Tidak hanya itu, perangkat baru yang masih menjalankan Android 9 Pie dipastikan turut menerimanya sebagai aplikasi bawaan. 

Lewat hadirnya YouTube Music, Google disebut memang hanya ingin menghadirkan satu aplikasi streaming musik saja. Berbeda dari saat ini, dimana Google memiliki Google Play Music dan YouTube Music yang memiliki fungsi serupa.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓