Sukses

Telkomsel Ajak Pelanggan Donasikan Pulsa untuk Bantu Ojol Terdampak Covid-19

Ajakan untuk medonasikan pulsa Telkomsel ini merupakan bagian dari inisiatif Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan Telkomsel bisa mendonasikan pulsa mereka kepada driver ojek online (ojol) yang secara ekonomi terdampak Covid-19.

Sumbangan ini merupakan bagian dari inisiatif Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui program donasi "MPR RI Peduli Lawan Covid-19".

Tak hanya Telkomsel, MPR juga menggandeng Gojek dan Kitabisa dalam pengumpulan donasi ini.

Nantinya dana yang terkumpul disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi adalah kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachir menyebut, pihaknya memahami bahwa kebutuhan untuk terkoneksi merupakan hal yang penting, apalagi saat masyarakat harus saling physical distancing untuk memutus penyebaran Covid-19.

"Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama MPR, BPIP, Kitabisa, dan Gojek dalam memperkuat siap gotong royong ini," kata Irfan, dalam konferensi pers online yang ditayangkan di saluran YouTube MPR RI, Selasa (14/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Donasi Pulsa

Untuk berdonasi, pelanggan bisa mengakses menu *811# dengan pilihan denominasi mulai Rp 5.000 hingga Rp 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel.

Masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang bisa diakses lewat aplikasi Gojek, dengan opsi donasi mulai dari Rp 1.000.

Sementara, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, donasi pulsa diperuntukkan untuk pengemudi ojek online, merchant UMKM, dan penyedia jasa online lain sebagai elemen masyarakat yang terdampak.

"Keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya memerlukan komitmen dan kerja sama seluruh komponen. MPR dan BPIP mengajak selurh masyarakat untuk saling peduli dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata Bambang.

3 dari 3 halaman

Gandeng Kitabisa dan Gojek

CEO Kitabisa Alfatih Timur mengatakan, saat ini sudah ada lebih dari 800 ribu orang yang berdonasi untuk membantu mengatasi Covid-19 dengan bantuan mulai dari Rp 5.000 hingga nilai besar.

Sebagai platform penggalangan dana, Kitabisa mendukung program donasi ini dengan harapan, bisa membantu pekerja informal yang terdampak Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Chief of Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan, dukungan dalam bentuk pulsa untuk mitra Gojek ini akan meringankan beban biaya harian mitra kami yang saat ini cukup terdampak akibat pandemi ini.

Shinto mengatakan, dukungan ini sejalan dengan salah satu pilar program Gojek yaitu membantu meringankan biaya sehari-hari mitra.

"Sebagai perusahaan anak bangsa yang tumbuh bersama dengan para mitra, Gojek senantiasa berada di garda terdepan untuk membantu mitra kami melewati masa sulit ini," kata Shinto.

Lebih lanjut, Shinto mengatakan, donasi pulsa ini nantinya akan diberikan kepada mitra pengemudi GoRide, Gocar, merchant GoFood, hingga GoClean yang kini terdampak secara ekonomi karena wabah Covid-19.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini