Sukses

Android Bakal Dapat Pembaruan Tracking Covid-19 Lewat Google Play

Google mengkonfirmasi, pihaknya akan menggunakan toko aplikasi Google Play untuk memperbarui ponsel Android dengan sistem pelacakan kontak (tracking) Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Google mengkonfirmasi, pihaknya akan menggunakan toko aplikasi mereka Google Play untuk memperbarui ponsel Android dengan sistem pelacakan kontak (tracking) Covid-19.

Sekadar informasi, sistem tracking Covid-19 ini merupakan sistem yang kini tengah dikembangkan bersama dengan Apple.

Mengutip laman The Verge, Selasa (14/3/2020), sejauh ini update software tracking Covid-19 baru akan tersedia di Android versi 6.0 Marshmallow atau yang lebih tinggi.

Untuk itu, Google mesti memastikan update tracking Covid-19 ini tersedia pada lebih banyak smartphone Android.

Google memutuskan untuk menghadirkan update lewat Google Play lantaran toko aplikasi ini merupakan satu-satunya sistem yang bisa diandalkan untuk menghadirkan pembaruan software ke Android, secara tepat waktu.

Sementara, pembaruan sistem operasi penuh sering mendapatkan penundaan dari produsen smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diterapkan Dalam Dua Tahap

Menurut Google, sistem update ini akan diterapkan secara dua tahap. Pertama, kerangka kerja pelacakan kontak Bluetooth melalui API dan digulirkan mulai bulan depan.

Sementara tahap, API dikembangkan ke sistem operasi (OS). Perusahaan menyebut, tahap kedua akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.

Masalahnya, tidak semua perangkat Android bakal mendapatkan update ini, terutama untuk smartphone Android yang beroperasi di Tiongkok.

Pasalnya di smartphone Android di Tiongkok tak dilengkapi dengan layanan Google Play. Begitu juga dengan smartphone Huawei yang dijual di seluruh dunia setelah kerja sama dengan Google dihentikan oleh Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Android yang Beroperasi Tanpa Google Play?

Google tidak diperbolehkan menyuntikkan software ke Huawei. Artinya, Google tidak bisa menghadirkan update software ke smartphone Huawei, termasuk Chrome dan Gmail.

Nah, untuk smartphone yang memiliki kendala di atas, Google akan menerbitkan kerangka kerja yang bisa digunakan di perusahaan-perusahaan tersebut. Tujuannya adalah untuk mereplikasi sistem pelacakan anonim yang aman yang akan dikembangkan oleh Google dan Apple.

Selanjutnya, tergantung pada vendor seperti Huawei, Xiaomi, atau vendor smartphone Tiongkok lainnya untuk memutuskan akan memakai sistem tersebut atau tidak.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

Video Terkini