Sukses

Ada Bug, Sony Kembalikan Uang ke Pemain Final Fantasy 7 Remake

Sony akhirnya membuka refund bagi pemain di wilayah Asia Tenggara yang mendapat Final Fantasy 7 Remake.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan akan mengembalikan uang atau memberikan refund pada pemain yang sudah membeli Final Fantasy 7 Remake (FF 7).

Dikutip dari VG247, Senin (13/4/2020), hal ini disebabkan karena ada bug yang ada di PSN Stores untuk wilayah Asia Tenggara. Karenanya, banyak pemain mendapatkan salinan versi digital yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Seperti diketahui, PlayStation Store biasanya menjual satu gim dalam beberapa bahasa. Namun dengan adanya bug ini, pemain yang membeli FF 7 Remake berbahasa Inggris/Jepang malah mendapat versi Tiongkok/Korea.

Sony yang mengetahui masalah ini pun segera mengatasi bug tersebut. Sayang, beberapa pemain di Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Thailand sudah terlanjur membeli versi FF 7 Remake ini.

Oleh sebab itu, Sony pun memberikan kesempatan bagi pemain yang ingin melakukan refund. Nantinya, proses refund ini akan langsung dikembalikan ke dompet PlayStation secara otomatis.

Kendati sudah melakukan refund, pemain ternyata masih dapat menyimpan versi yang tidak sesuai tersebut. Terlepas dari kesalahan ini, FF 7 Remake sebenarnya mendapat respons positif dari banyak pihak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapkan HDD PS4 Kamu, Ukuran File Final Fantasy VII Remake Capai 100GB

Perlu diketahui, Final Fantasy VII Remake, gim buatan Square Enix sudah resmi dirilis secara eksklusif untuk konsol PlayStation 4 (PS4) pada 10 April 2020.

Muncul pertama kali pada 23 tahun lalu di konsol lawas PlayStation (PS1), pastinya banyak gamer setia gim buatan Square Enix ini sudah tak sabar menanti kehadiran Cloud dkk di konsol terkini.

Walau sempat ditunda peluncurannya sebulan dari tanggal yang ditentukan, yakni 3 Maret 2020, Square Enix tampaknya sedang sibuk bersiap untuk peluncuran salah satu gim terlaris mereka.

Namun sebelum mengunduhnya, kamu perlu bersiap-siap sebab file instalasi gim ini akan memakan kapasitas HDD lebih dari 100GB.

Kabar ini terungkap terungkap di media sosial Twitter lewat akun @TweakTown, Rabu (19/2/2020), foto cover gim Final Fantasy VII Remake itu memperlihatkan file instalasinya mencapai angka yang fantastis, yaitu 100GB.

Informasi, Square Enix sebelumnya telah mengonfirmasi gim ini akan hadir dalam dua disk Blu-ray. Ini berarti masing-masing disk gim Final Fantasy VII Remake akan hadir sekitar 50GB.

3 dari 3 halaman

Bukan Satu-satunya

Lebih lanjut, ini bukan satu-satunya judul gim di PS4 yang memilik data instalasi berukuran besar.

Sebelum Final Fantasy VII Remake, gim Red Dead Redemption 2 memilik ukuran file instalasi sebesar 104GB, dan Call of Duty: Modern Warfare dengan ukuran fantastis, yakni 175GB.

Sebagai perbandingan, gim Uncharted 4 hanya butuh kapasitas HDD sebesar 64GB. Hasil karya Hideo Kojima yang baru dirilis, Death Stranding, saja butuh ruang sebesar 48GB.

Berdasarkan ukuran data tersebut, bukan hal yang tidak mungkin akan banyak gamer PS4 yang mengeluh. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki koneksi data internet yang terbatas.

Namun, ukuran instalasi sebesar itu cukup wajar mengingat betapa detailnya tampilan grafis gim Final Fantasy VII Remake, dan dunia di dalamnya.

Setidaknya, kamu akan diberikan opsi untuk menginstal gim secara terpisah. Hal ini cukup menguntungkan bagi gamer yang tidak ingin menghapus gim di dalam HDD PS4 mereka.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini