Imbas Covid-19, Mahasiswa Jepang Diwakili Robot Saat Wisuda

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 11 Apr 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 11 Apr 2020, 10:00 WIB
robot wisuda
Perbesar
Sebuah universitas di Jepang menggunakan robot untuk mewakili mahasiswa yang wisuda (Foto: Video The Guardian)

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara penyebaran virus corona yang begitu cepat dan luas di seluruh dunia, banyak sekolah dan universitas yang harus menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Tak hanya sekolah, kegiatan wisuda yang jadi momen paling ditunggu bagi setiap mahasiswa pun terancam keberlangsungannya.

Namun, sebuah universitas di Jepang tetap menjalankan wisuda. Para lulusan bisa mengikuti wisuda tersebut diwakili oleh robot-robot.

Kejadian unik ini terjadi di Business Breakthrough University di Tokyo, Jepang. Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (11/4/2020), robot-robot rupanya dipakai sebagai avatar oleh para wisudawan agar mereka bisa menghadiri upacara wisuda secara virtual.

Salah satu wisudawan, Kazuki Tamura, menceritakan kisah ini. "Saya rasa, ini benar-benar pengalaman yang baru, menerima sertifikat kelulusan di tempat umum, sementara saya berada di rumah," kata Tamura.

2 dari 2 halaman

Besutan ANA Holdings

Kampus di Jepang lakukan wisuda online menggunakan robot
Perbesar
foto: BTT University

Robot yang dipakai untuk mewakili para wisudawan ini diciptakan oleh ANA Holdings dan bernama Newme. Para robot ini juga diberi topi dan jubah wisuda untuk mewakili mahasiswa yang lulus.

Tak hanya itu, robot-robot ini juga memiliki tablet yang menampilkan wajah siswa yang diwakilinya.

Hal di atas bisa dibilang unik dan menarik. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya upacara wisuda diadakan di Jepang saat wabah virus corona.

Awal bulan lalu, sebuah sekolah dasar mengadakan upacara kelulusan gim Minecraft. Di mana, saat itu para siswa hadir dengan tampil sebagai avatar virtual dalam gim ini.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa