Sukses

Imbas Covid-19, Mahasiswa Jepang Diwakili Robot Saat Wisuda

Sebuah universitas di Jepang tetap menjalankan upacara wisuda di tengah sebaran Covid-1, namun para lulusan mengikuti wisuda diwakili oleh robot-robot.

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara penyebaran virus corona yang begitu cepat dan luas di seluruh dunia, banyak sekolah dan universitas yang harus menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Tak hanya sekolah, kegiatan wisuda yang jadi momen paling ditunggu bagi setiap mahasiswa pun terancam keberlangsungannya.

Namun, sebuah universitas di Jepang tetap menjalankan wisuda. Para lulusan bisa mengikuti wisuda tersebut diwakili oleh robot-robot.

Kejadian unik ini terjadi di Business Breakthrough University di Tokyo, Jepang. Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (11/4/2020), robot-robot rupanya dipakai sebagai avatar oleh para wisudawan agar mereka bisa menghadiri upacara wisuda secara virtual.

Salah satu wisudawan, Kazuki Tamura, menceritakan kisah ini. "Saya rasa, ini benar-benar pengalaman yang baru, menerima sertifikat kelulusan di tempat umum, sementara saya berada di rumah," kata Tamura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besutan ANA Holdings

Robot yang dipakai untuk mewakili para wisudawan ini diciptakan oleh ANA Holdings dan bernama Newme. Para robot ini juga diberi topi dan jubah wisuda untuk mewakili mahasiswa yang lulus.

Tak hanya itu, robot-robot ini juga memiliki tablet yang menampilkan wajah siswa yang diwakilinya.

Hal di atas bisa dibilang unik dan menarik. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya upacara wisuda diadakan di Jepang saat wabah virus corona.

Awal bulan lalu, sebuah sekolah dasar mengadakan upacara kelulusan gim Minecraft. Di mana, saat itu para siswa hadir dengan tampil sebagai avatar virtual dalam gim ini.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini