Qualcomm: Usia Pakai Smartphone dengan Snapdragon 865 Lebih Panjang

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Apr 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2020, 14:00 WIB
Snapdragon 865

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang begitu cepat ditambah inovasi yang bermunculan membuat perusahaan teknologi berlomba merilis produk terbaru. Tak sampai hitungan tahun, biasanya vendor sudah menghadirkan smartphone dengan inovasi terbaru.

Terkait hal ini, Qualcomm menyebut smartphone dengan flagship chipset terbaru mereka, yakni Snapdragon 865, berusia lebih panjang.

Diungkapkan oleh Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto, chipset Snapdragon 865 hadir dengan berbagai dukungan teknologi terbaru, bahkan fitur yang belum diterapkan oleh pengembang aplikasi.

"Usia smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 865 bisa panjang karena ada berbagai kemampuan untuk mendukung kinerja smartphone," kata Susanto dalam acara virtual meeting Qualcomm Academy, Kamis (9/4/2020).

Susanto mengatakan, di masa depan, jika sebuah fitur sudah jamak dipakai, smartphone dengan chipset Snapdragon 865 bisa mendukung proses kerja fitur baru tersebut.

Misalnya, kemampuan AI di Snapdragon 865 yang sudah mendukung teknologi low power, sehingga kamera smartphone bisa dibuat always on dengan daya rendah.

2 dari 3 halaman

Kasus Penggunaan Low Power Camera

Oppo Find X2 Pro
Oppo resmi luncurkan duo Find X2 Pro dan Find X2 di Jakarta, Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Contoh kasusnya adalah penggunaan metode pembayaran dengan QR. Umumnya pengguna perlu memindai kode batang QR dari kamera smartphone kemudian pembayaran dilakukan.

Bayangkan, jika low power camera diterapkan di smartphone, pengguna akan lebih cepat melakukan proses pembayaran dengan aplikasi tertentu.

Dalam hal ini, low power camera memungkinkan pengguna langsung mengarahkan kamera ke kode QR tanpa harus membuka kunci smartphone, mencari aplikasi pembayaran, dan memindai kode batang QR untuk melakukan pembayaran.

Hal ini dimungkinkan karena kamera selalu on, tetapi dengan penggunaan daya rendah.

Meski begitu, Susanto menyebut, belum ada pembuat aplikasi yang menggunakan teknologi ini. Namun, di kemudian hari, jika ada pengembang yang membuat aplikasi dengan fungsi ini, Snapdragon 865 sudah bisa mendukung penerapannya di smartphone.

3 dari 3 halaman

Kata Oppo

Oppo Find X2 Pro
Peluncuran Oppo Find X2 Pro dan Find X2 di Jakarta. Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menyebut, sebagai perangkat paling premium dari Oppo, Find X2 dan Find X2 Pro didukung Snapdragon 865.

Berbagai kemampuan Snapdragon 865 telah dibenamkan pada Oppo Find X2 series, baik itu kemampuan Spectra 480 ISP yang mendukung kinerja kamera perangkat, frame rate layar 120Hz, GPU Adreno 650, dan Hexagon 698 yang mendukung kinerja perangkat dan AI, hingga dukungan Elite Gaming generasi kedua pada Snapdragon 865.

Jadi, menurut Aryo, jika nanti ada aplikasi yang sudah mendukung penggunaan teknologi always on camera, Oppo Find X2 series bisa menjalankan fungsi tersebut.

"Bisa dipakai di masa depan, nanti dengan memberikan update software," kata Aryo.

(Tin//Why)

Lanjutkan Membaca ↓