5 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 08 Apr 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi Spotify
Perbesar
Ilustrasi Spotify. Kredit: StockSnap via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan streaming musik kini jadi favorit banyak pengguna smartphone untuk menemani aktivitas mereka.

Tak mengherankan, banyak perusahaan teknologi menyediakan layanan streaming musik untuk bersaing mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Perusahaan riset pasar Counterpoint memublikasikan laporan terkait aplikasi streaming musik apa saja yang kini paling populer di dunia. Berikut adalah daftarnya, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (8/4/2020).

1. Spotify

Bicara layanan streaming musik, kini Spotify masih menguasai pasar. Berdasarkan laporan Counterpoint Research, Spotify menjadi layanan streaming musik nomor 1 di tahun 2019.

Bahkan, Spotify menguasai 35 persenĀ pangsa pasarĀ dari keseluruhan total pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Spotify bisa nangkring di posisi pertama karena promosi mereka cukup baik. Misalnya memberikan layanan Spotify Premium gratis selama tiga bulan, potongan harga, hingga kampanye konten ekslusif.

2 dari 3 halaman

2. Apple Music

Apple Music
Perbesar
Aplikasi Tingkatkan Eksistensi. Sumber : idownloadblog.com.

Layanan streaming musik milik Apple, Apple Music juga cukup populer di kalangan pengguna.

Apple Music berada di posisi kedua aplikasi streaming terpopuler dengan 19 persen pangsa pasar. Hal ini mengindikasikan Apple Music masih punya kesempatan untuk tetap bersaing.

3. Amazon Music

Layanan streaming musik Amazon Music mungkin tak begitu dikenal di Indonesia. Namun, Amazon Music menjadi aplikasi streaming musik terpopuler ketiga di dunia.

Pangsa pasar Amazon Music sebesar 15 persen, hanya berbeda sedikit dengan Apple Music yang ada di posisi atasnya. Jika Amazon Music menghadirkan pengalaman lebih untuk pengguna, bisa saja Apple Music dilampauinya.

3 dari 3 halaman

Tencent Music dan YouTube Music

Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi video hotlist
Perbesar
Tampilan YouTube Music ketika menampilkan rekomendasi video hotlist. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

4. Tencent Music

Perusahaan teknologi Tiongkok Tencent pun menghadirkan layanan streaming bernama Tencent Music. Berfokus untuk penduduk di Tiongkok, layanan ini sudah memiliki pangsa pasar 11 persen, tak jauh dari Amazon Music.

5. YouTube Music

YouTube Music berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 5 persen dari total jumlah pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Meski populasi pengguna smartphone Android paling besar di seluruh dunia ketimbang platform lain, YouTube Music masih berada di posisi kelima, kalah jauh dari Spotify.

Sementara 16 persen sisanya merupakan layanan streaming musik dari berbagai merek.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online