Sukses

5 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler

Perusahaan riset Counterpoint mempublikasikan laporan terkait aplikasi streaming musik apa saja yang kini paling populer di dunia, berikut adalah daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan streaming musik kini jadi favorit banyak pengguna smartphone untuk menemani aktivitas mereka.

Tak mengherankan, banyak perusahaan teknologi menyediakan layanan streaming musik untuk bersaing mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Perusahaan riset pasar Counterpoint memublikasikan laporan terkait aplikasi streaming musik apa saja yang kini paling populer di dunia. Berikut adalah daftarnya, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (8/4/2020).

1. Spotify

Bicara layanan streaming musik, kini Spotify masih menguasai pasar. Berdasarkan laporan Counterpoint Research, Spotify menjadi layanan streaming musik nomor 1 di tahun 2019.

Bahkan, Spotify menguasai 35 persen pangsa pasar dari keseluruhan total pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Spotify bisa nangkring di posisi pertama karena promosi mereka cukup baik. Misalnya memberikan layanan Spotify Premium gratis selama tiga bulan, potongan harga, hingga kampanye konten ekslusif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Apple Music

Layanan streaming musik milik Apple, Apple Music juga cukup populer di kalangan pengguna.

Apple Music berada di posisi kedua aplikasi streaming terpopuler dengan 19 persen pangsa pasar. Hal ini mengindikasikan Apple Music masih punya kesempatan untuk tetap bersaing.

3. Amazon Music

Layanan streaming musik Amazon Music mungkin tak begitu dikenal di Indonesia. Namun, Amazon Music menjadi aplikasi streaming musik terpopuler ketiga di dunia.

Pangsa pasar Amazon Music sebesar 15 persen, hanya berbeda sedikit dengan Apple Music yang ada di posisi atasnya. Jika Amazon Music menghadirkan pengalaman lebih untuk pengguna, bisa saja Apple Music dilampauinya.

3 dari 3 halaman

Tencent Music dan YouTube Music

4. Tencent Music

Perusahaan teknologi Tiongkok Tencent pun menghadirkan layanan streaming bernama Tencent Music. Berfokus untuk penduduk di Tiongkok, layanan ini sudah memiliki pangsa pasar 11 persen, tak jauh dari Amazon Music.

5. YouTube Music

YouTube Music berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 5 persen dari total jumlah pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Meski populasi pengguna smartphone Android paling besar di seluruh dunia ketimbang platform lain, YouTube Music masih berada di posisi kelima, kalah jauh dari Spotify.

Sementara 16 persen sisanya merupakan layanan streaming musik dari berbagai merek.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini