Sukses

Penjualan Menurun, Ini Deretan Merek Smartphone Terlaris di Dunia versi Counterpoint

Counterpoint mencatat, ada penurunan penjualan smartphone sebesar 14 persen ketimbang Februari.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran Covid-19 di seluruh dunia membuat penjualan smartphone ikut terdampak. Penurunannya pun tidak main-main.

Berdasarkan riset pasar yang dilakukan oleh Counterpoint, penjualan smartphone pada bulan Maret 2020 turun 14 persen ketimbang Februari 2020.

VP sekaligus Direktur Riset Counterpoint, Peter Richardson, mengomentari tentang turunnya penjualan smartphone global. Menurutnya, saat ini pembelian smartphone tidak mengalami peningkatan.

"Kini orang menunda pembelian karena pandemi virus corona, karena ketidakpastian yang tinggi. Mereka pasti akan mengganti smartphone nanti. Artinya, penjualan tidak sepenuhnya hilang, hanya ditunda," kata Richardson dalam keterangan resmi.

Meski begitu, berdasarkan riset Counterpoint, permintaan akan smartphone Samsung masih stabil dengan angka penjualan 22 persen. Kestabilan Samsung ditengarai karena produksi dilakukan di luar Tiongkok.

Berikut adalah data peringkat merek smartphone terlaris di dunia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Merek Smartphone Terlaris

Selanjutnya, di posisi kedua ada Apple yang menguasai pangsa pasar 14 persen. Apple sendiri cukup terdampak oleh pandemi virus corona baik di Tiongkok maupun di luar Tiongkok.

Sementara di peringkat tiga ada Huawei dengan pangsa pasar 13 persen. Huawei sendiri bisa dibilang sangat terdampak oleh pandemi ini, pasalnya baik penawaran dan permintaan terbesar adalah dari Tiongkok.

Selanjutnya, Xiaomi berada di posisi keempat dengan market share 9 persen, diikuti dengan Oppo 8 persen, Vivo 6 persen, Realme 3 persen, dan merek lainnya sebesar 25 persen. 

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.