Sukses

Masuk Top 4 Smartphone Terlaris, Realme Klaim Jadi Merek Favorit Anak Muda

Capaian sebagai top 4 smartphone terlaris Indonesia, Realme percaya diri mengklaim sebagai merek ponsel pintar terfavorit anak muda.

Liputan6.com, Jakarta - Realme lagi-lagi menempati posisi ke-4 vendor terpopuler di Indonesia. Peringkat ini berdasarkan laporan IDC Indonesia Quarterly Mobile Phone Tracker kuartal keempat 2019 yang dirilis Maret 2020.

Capaian di atas membuat vendor smartphone asal Tiongkok ini percaya diri mengklaim sebagai merek smartphone terfavorit anak muda.

Dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/4/2020), Realme menyebut, prestasi ini dilihat dari sejumlah rekor penjualan untuk tiap produk barunya.

Realme menyebut, tiap kali mengadakan flash sale pertama, produk mereka selalu habis terjual dalam hitungan detik. Ratingnya di sejumlah e-commerce pun mendekati sempurna.

Hal ini pula yang membuat Realme masuk dalam top 5 smartphone terlaris hanya dalam setahun setelah kehadirannya dan kini naik jadi posisi ke-4.

Realme mengklaim keberhasilan ini lantaran pihaknya gencar meluncurkan berbagai produk baru di Indonesia. Mulai dari Realme 2 Series, Realme 3 Series dengan inovasi desain dan fitur Nightscape di kamera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone Menengah Tapi Boyong Fitur Flagship

Kemudian, Realme juga meluncurkan Realme 5 Series yang dilengkapi dengan empat kamera. Realme kemudian merilis Realme 6 series, smartphone kelas menengah yang memboyong fitur flagship.

Sejumlah fitur flagship yang turut hadir antara lain adalah layar dengan refresh rate 90Hz, kamera pro 64MP, serta dukungan isi daya cepat 30 watt.

Menurut IDC Technology Spotlight, sebagian besar responden berusia 16-25 tahun mencapai spesifikasi layak (45,8 persen), harga yang terjangkau (13,4 persen), citra merek (11 persen), dan promosi (9 persen) dalam menentukan pembelian produk smartphone.

Sr Research Manager of IDC Indonesia Mevira Munindra mengatakan, pasar smartphone untuk kaum muda akan terus tumbuh sejalan dengan tren dan peluang digital.

3 dari 3 halaman

Yang Bikin Realme Sukses

"Pasar kelompok usia 16–25 tahun akan tetap penting karena mewakili peningkatan pangsa pasar dinamis Indonesia untuk informasi dan konsumsi digital. Seperti yang ditemukan dalam survei, spesifikasi yang layak, harga yang kompetitif, citra merek, dan promosi dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi bagi konsumen Gen Z saat membeli smartphone," kata Mevira.

Ia menyebut, Realme memiliki peluang besar untuk sukses lantaran spesifikasi, harga kompetitif, dan promosi menarik untuk konsumen di usia 16-25 tahun.

Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi mengatakan, merek Realme berkembang lebih cepat dari sebelumnya.

"Realme dengan cepat menjadi Top 4 smartphone brand di Indonesia, berdasarkan IDC Indonesia Quarterly Mobile Phone Q4-2019 dan perkembangan ini sangatlah cepat jika dibandingkan dengan merek lainnya,” kata Palson.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.