Sukses

Menkominfo Minta Operator Seluler Jaga Jaringan Internet saat Kondisi Darurat Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika Menkominfo Johnny G Plate meminta operator seluler menjaga kualitas jaringan saat kondisi darurat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, meminta operator seluler menjaga kualitas jaringan saat kondisi darurat Covid-19.

"Operator agar menyediakan layanan telekomunikasi dan internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik selama masa darurat Covid-19," kata Johnny dalam konferensi pers Kemkominfo yang disiarkan langsung, Kamis (26/5/2020).

Johnny juga meminta operator seluler juga menyediakan produk dan solusi yang mendukung kebijakan presiden Jokowi untuk bekerja, belajar, dan ibadah di rumah, sesuai dengan kapasitas masing-masing opsel.

Masih berkaitan dengan jaringan, Johnny juga meminta agar operator seluler terus melakukan optimasi, operasional, dan pemeliharaan atau perbaikan jaringan telekomunikasi, BTS, serta alat dan perangkat telekomunikasi lainnya.

Ia meminta agar pihak terkait tetap mematuhi pembatasan interaksi dan menjaga jarak aman sat menjalankan tugasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan 6 Startup untuk Social Distancing

Terkait upaya penanganan Covid-19, Kemkominfo sebelumnya melakukan koordinasi dengan enam startup untuk mendukung aktivitas di rumah selama masih merebaknya Covid-19 di Indonesia.

"Kami melakukan koordinasi seperti ini untuk memastikan pelayanan tetap terjaga dengan baik, ketersediaan produk yang dibutuhkan tetap memadai dan terjaga, mengendalikan harga agar tidak melonjak tinggi di luar kendali," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, di Jakarta.

Adapun enam startup yang dimaksud adalah Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Grab, Halodoc, dan RuangGuru. Menurut Johnny, keenam platform digital itu sudah mendukung inisiatif social distancing yang sedang digalakkan di tengah penyebaran Covid-19 ini.

"Dalam rangka mendukung arahan Presiden Joko Widodo untuk social distancing, platform digital baik decacorn maupun unicorn, telah memberikan dukungan untuk dukungan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah sesuai bidang layanannya masing-masing," tutur Johnny.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Secara Optimal

Oleh sebab itu, Johnny berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang tersedia ini secara optimal untuk mendukung kegiatan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah.

Selain platform digital, Menkominfo juga meminta penyelenggara telekomunikasi untuk menjaga layanan tetap prima selama masa social distancing di tengah penyebaran Covid-19 ini. Hal ini perlu dilakukan pula untuk mendukung sistem belajar dan bekerja dari rumah.

"Pada seluruh penyelenggara telekomunikasi dan operator untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwidth yang cukup dan menjaga kualitas layanan," tuturnya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.