Sukses

Penerima Kartu Prakerja Bisa Ikuti Pelatihan Online di Platform Pintaria

Pintaria menjadi mitra digital platform pemerintah bagi program Kartu Prakerja yang memungkinkan penggunanya untuk memilih pelatihan yang tepat sesuai dengan potensi dan/atau kebutuhannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pintaria menjadi mitra digital platform pemerintah bagi program Kartu Prakerja. Portal pembelajaran berkelanjutan (lifelong learning) ini dikembangkan oleh edtech startup lokal HarukaEDU.

Bekerja sama dengan universitas dan lembaga lainnya, Pintaria menyediakan berbagai macam program kuliah dan kursus, baik online, offline, maupun gabungan keduanya.

"Sebagai pionir lifelong learning platform di Indonesia, kami bangga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam membangun kualitas SDM negeri melalui program Kartu Prakerja," ujar Dr. Ir. Gerald Ariff, M.Sc. selaku co-founder Pintaria melalui keterangan tertulis.

Sebagai mitra digital platform, Pintaria memungkinkan penggunanya untuk memilih pelatihan yang tepat sesuai dengan potensi dan/atau kebutuhannya. 

"Kami menyadari akan ada ratusan bahkan ribuan program pelatihan yang ditawarkan. Karena kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini hanya diberikan seumur hidup sekali, sangat penting bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan yang tepat. Karena itu, kami akan fokus dalam membantu peserta memutuskan pilihannya," tutur Gerald. 

Pengguna Pintaria akan mendapatkan rekomendasi pelatihan berdasarkan minat dan bakat melalui tes online gratis. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan kategori pekerjaan yang diminati, lowongan pekerjaaan yang tersedia, serta lokasi pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kategori pelatihan

Kategori pelatihan di Pintaria mencakup pelatihan populer seperti Bahasa Inggris, Kewirausahaan, Digital Marketing, Coding, Sales, Kuliner, Kecantikan, Public Speaking, dan lain sebagainya.

Pada praktiknya, Pintaria menjalin kemitraan sama dengan lembaga pelatihan seperti English First (EF) untuk pelatihan bahasa Inggris dan London School of Public Relations (LSPR) untuk pelatihan public speaking.

Program Kartu Prakerja menyasar WNI berumur 18 tahun ke atas, yang tidak sedang bersekolah atau kuliah penuh. Program ini diharapkan dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan melalui pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM siap kerja.

Adapun penerima Kartu Prakerja berhak menggunakan manfaat hingga maksimal Rp7 juta sekali seumur hidup untuk mengikuti berbagai macam pelatihan yang tersedia.

Melalui pelatihan di Pintaria, diharapkan para penerima Kartu Prakerja mendapatkan bekal pengetahuan cukup serta kepercayaan diri untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik dan/atau meningkatkan kinerjanya di pekerjaannya pada saat ini.

3 dari 3 halaman

Pendaftaran

Situs web program Kartu Prakerja beralamat di www.prakerja.go.id. Rencananya pendaftaran untuk mengikuti program akan dimulai pada pekan pertama April 2020. 

Setelah mendaftar dan menerima persetujuan dari pemerintah, penerima Kartu Prakerja bisa mengunjungi situs Pintaria untuk mendapatkan rekomendasi dan memilih program pelatihan yang sesuai.

Calon peserta, sambil menunggu pendaftaran program Kartu Prakerja dibuka, dapat mencoba tes minat dan bakat online gratis di www.pintaria.com/kartuprakerja.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini