Hacker Jual 538 Juta Data Pengguna Weibo di Dark Web

Oleh Yuslianson pada 24 Mar 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 08:00 WIB
Ini Dia, Tampang Para Hacker Terbaik Asal Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Seorang hacker mencuri lebih dari 538 juta data pribadi pengguna platform media sosial terbesar di Tiongkok, Weibo, saat ini dijual secara online di dark web.

Kabar ini diungkap oleh oleh ZDNet saat melihat iklan tersebut online, dan dikonfirmasi oleh sejumlah laporan dari media di Tiongkok.

Berdasarkan iklan yang di-posting di dark web dan situs online lainnya, seorang hacker mengklaim dirinya mampu menembus sistem keamanan Weibo pada pertengahan 2019.

Dilansir ZDNet, Selasa (24/3/2020), hacker itu mengakui telah mencuri lebih dari 538 juta database pengguna Weibo.

Adapun database pribadi pengguna yang dicuri, termasuk nama asli pengguna, username di Weibo, jenis kelamin, lokasi, dan 172 juta nomor telepon pengguna.

Karena tidak menyertakan password pengguna, hacker ini hanya menjual sekian banyak database itu seharga USD 250 atau seharga Rp 4,2 juta.

 

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Hacker Curi Database Pengguna?

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Hingga kini, masih belum diketahui secara pasti bagaimana cara hacker dengan akun pengguna @weibo itu mencuri database pengguna.

Saat dikonfirmasi oleh sejumlah tim keamanan siber, database yang dicuri ternyata valid dan akurat dengan beberapa akun pengguna Weibo.

Weibo mengatakan, pihaknya sudah memberi tahu pihak berwenang tentang insiden itu dan polisi sedang menyelidiki.

Sebagai informasi, karena kontrol yang ketat terhadap internet d Tiongkok, pihak kepolisan telah dapat melacak sebagian besar peretas lokal dengan mudah.

Pada 2018, peretas lain memasang untuk menjual informasi terinci jutaan tamu data pengguna hotel yang menginap di properti Huazhu Hotels Group.

Polisi Tiongkok menangkap peretas tiga minggu kemudian, meskipun data dijual di dark web.

(Ysl/Isk)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra