Sony: PS5 Akan Bisa Mainkan Lebih dari 4.000 Judul Gim PS4

Oleh Yuslianson pada 23 Mar 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 14:00 WIB
PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan spesifikasi lengkap dan kemampuan konsol gim terbaru mereka, yakni PlayStation 5 (PS5).

Pada saat livestream presentasi tersebut, Sony sempat menyinggung tentang salah satu fitur di PS5 yang memungkinkan gamer bermain gim dari konsol sebelumnya, khususnya PS4.

Mereka menyebutkan, sebagian besar gim PS4 yang ada saat ini akan kompatibel dengan PS5 ketika diluncurkan musim liburan tahun ini, sebagaimana dikutip dari Gamerant, Senin (23/3/2020).

Mengingat deretan gim PS4 yang ada saat ini jumlahnya lebih dari 4.000 judul, bukan hal yang tak mungkin ratusan akan bisa langsung dimainkan di konsol PS5.

Ditambah, karena konsol PS4 dan PS5 dilengkapi dengan prosesor AMD, pastinya proses kompatibilitas gim di kedua konsol itu akan lebih mudah ketimbang PS3 dengan PS5.

Sony juga menambahkan, gim-gim PS4 yang meluncur di PS5 akan memiliki frame rate dan resolusi lebih tinggi dari sebelumnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5

Foto render konsol PS5 yang muncul di internet. (Doc: LetsGoDigital)

Lebih lanjut, Sony melengkapi konsol PS5 dengan prosesor AMD 8-core 3.5GHz Zen 2 dan GPU RDNA 2 yang dibuat khusus hingga memiliki performa hingga 10,28 TFLOP.

Konsol ini juga dipadukan dengan RAM 16GB GDDR6, SSD 825GB, dan kemampuan disk drive 4K UHD.

 

3 dari 3 halaman

Belum Putuskan Berapa Harga Jual PlayStation 5

Website PS5 sudah online. (Doc: Sony PlayStation)

Sony masih galau untuk mencapai keputusan akhir berapa harga jual PlayStation 5 (PS5) di pasaran nanti.

Hal ini terjadi karena jumlah komponen PS5 yang terbatas berpotensi harga konsol tersebut lebih tinggi dari PS4 yang hanya seharga Rp 4 jutaan.

Dikutip dari laporan Bloomberg, Sabtu (15/2/2020), Sony akan menjual PS5 di harga USD 450 atau sekitar Rp 6,1 jutaan, dan mungkin mencapai harga Rp 6,8 juta saat penjualan perdananya.

Dengan harga komponen dan biaya produksi yang lebih mahal, hal ini tentunya akan memaksa Sony ke situasi sulit agar bisa bersaing dengan Xbox Series X.

Jurnalis Wall Street Journal, Takashi Mochizuki, sempat melaporkan, Sony akan memutuskan harga konsol secara internal pada Februari.

Namun untuk saat ini, perusahaan akan menunggu beberapa bulan mendatang untuk melihat apakah kondisi kelangkaan komponen akan berubah, dan berapa harga Xbox Series X.

Adapun komponen PS5 yang langka, termasuk pasokan memori DRAM dan NAND. Ini karena, keduanya sedang diminati oleh pembuat smartphone

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra