Sukses

Qlue Luncurkan IndonesiaBergerak.com, Platform Pelaporan Warga seputar Covid-19

IndonesiaBergerak.com merupakan platform berbasis integrasi data, chatbot, dan pelaporan warga terkait perkembangan Covid-19 yang dapat diakses publik.

Liputan6.com, Jakarta - Qlue bersama beberapa startup Indonesia lainnya di bawah bendera perusahaan modal ventura MDI Ventures, meluncurkan Indonesia Bergerak (https://indonesiabergerak.com/).

Ini merupakan platform berbasis integrasi data, chatbot, dan pelaporan warga terkait perkembangan Covid-19 yang dapat diakses publik. 

Masyarakat dapat melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat, dan rumah sakit yang penuh melalui aplikasi QlueApp.

Pendiri sekaligus CEO di Qlue, Rama Raditya, menyebut Qlue menambahkan tiga kategori baru di aplikasi QlueApp, sehingga masyarakat dapat melaporkan berbagai hal terkait Covid-19.

Laporan ini akan divisualisasikan dalam bentuk peta terbuka di di dasbor https://indonesiabergerak.com/laporan-warga.

Selanjutnya, laporan masyarakat akan diintegrasikan dengan data lainnya, sehingga membantu orang untuk melihat sebaran Covid- 19 di Indonesia, mengurangi penyebaran Covid-19 dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

"Mulai hari ini Qlue mengaktifkan ekosistem smart city dengan menyediakan QlueApp sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19 dan aplikasi QlueWork yang digunakan petugas BNPB di lapangan untuk mengoordinasikan berbagai tugas secara efektif dan efisien," kata Rama melalui keterangan tertulis. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BNPB

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, partisipasi Qlue dan startup lokal lainnya membantu BNPB dalam memberikan pemahaman dan informasi yang cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat. 

Selain itu, partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect Covid-19, kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh sangat dibutuhkan BNPB sebagai data untuk analisis dan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

"Peran startup karya anak bangsa seperti Qlue ini patut kita apresiasi sebagai wujud nyata peran sinergi antara BNPB dengan seluruh pihak untuk tetap fokus mengurangi dampak penyebaran Covid-19," ujar Doni. 

Doni menyebut kolaborasi BNPB bersama Qlue ini telah terjalin sejak 2017 lalu untuk mempercepat proses pemulihan pascabencana di seluruh Indonesia. 

"Saat ini BNPB meningkatkan kerja sama dengan Qlue untuk berada di gerbong yang sama untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Doni. 

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.