Sukses

Apple Rilis iPad Pro 2020 dengan Kamera Ganda dan Sensor Lidar, Harganya?

Ada dua varian untuk iPad Pro 2020 yang baru dirilis, yakni yang memiliki layar 11 inci dan 12,9 inci.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan iPad Pro terbarunya dalam keterangan resmi, iPad Pro 2020.

Dilaporkan Tech Crunch, Kamis (19/3/2020), iPad Pro 2020 hadir dengan spesifikasi yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Bersama dengan iPad Pro, Apple juga merilis Magic Keyboard yang memiliki tombol backlit, sebuah trackpad, dan engsel yang memungkinkan pengguna untuk menggeser iPad dengan posisi senyaman mungkin.

Ada dua varian untuk iPad Pro 2020 yang baru dirilis, yakni yang memiliki layar 11 inci dan 12,9 inci.

Kinerja perangkat ini ditopang dengan chipset A12Z Bionic yang memiliki empat inti. Sementara model iPad Pro sebelumnya hadir dengan chipset A12X Bionic.

Peningkatan lain di iPad Pro ini ketimbang pendahulunya adalah kehadiran sensor kamera ultra wide 10MP dan sensor Lidar di bodi belakang perangkat.

Sensor Lidar berguna untuk mengukur jarak ke target, dengan menerangi target dengan sinar laser dan mengukur cahaya yang dipantulkan dengan sensor.

Nah, perbedaan waktu pengembalian cahaya dan panjang gelombang laser ini kemudian dipakai untuk membuat representasi 3D digital dari target.

Singkatnya, sensor Lidar bisa sangat berguna untuk aplikasi-aplikasi yang memakai augmented reality.

Kamera kedua adalah lensa standard 12MP. Selanjutnya, peningkatan juga ada di bagian mikrofon. Apple juga menjanjikan output suara berkualitas studio pada iPad Pro ini.

Di sektor konektivitas, iPad Pro 2020 ini menggunakan koneksi WiFi dan LTE seperti di iPhone 11 Pro. Di bagian layar, iPad Pro 2020 didukung refresh rate 120Hz dan dan True Tone, seperti yang sudah ada di model sebelumnya.

Thermal architecture pada iPad Pro juga telah diperbaiki. Apple menjanjikan perangkat tidak akan mudah panas dan lemot meskipun membuka aplikasi di performa puncaknya selama berjam-jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trackpad dan Keyboard

Trackpad di sini hadir dalam bentuk kursor bulat dan berubah tergantung pada apa yang diarahkan oleh pengguna.

Misalnya, jika pengguna memindahkan kursor teks, kursor tersebut menjadi bilah vertikal. Jika pengguna mengubah ukuran zona teks dalam dokumen, Halaman menjadi dua panah. Dengan kata lain, kursor tersebut berfungsi sepeti kursor di komputer desktop.

Trackpad baru ini akan mendukung gerakan dan memungkinkan pengguna beralih di antara aplikasi, membuka pengalih aplikasi, dan mengaktifkan Dock atau Control Center. Menariknya, aplikasi pihak ketiga juga telah mendukung penggunaan trackpad ini.

Dengan cara ini, pengguna bisa mengisi ulang perangkat dan mencolokkan aksesori lain ke iPad Pro.

3 dari 3 halaman

Harga

Rencananya, iPad Pro 2020 bakal tersedia mulai minggu depan di Amerika Serikat dengan pemesanan mulai dari hari ini. Ada dua opsi warna yang ditawarkan yakni silver dan space gray.

Soal harga, iPad Pro 11 inci dengan penyimpanan 128GB dijual USD 799 (setara Rp 12,8 juta/ USD 1 = Rp 16.150). Sementara, iPad Pro 12,9 inci dengan penyimpanan 128GB dijual USD 999 (setara Rp 16 jutaan).

Sementara, keyboard untuk iPad Pro tersedia bulan Mei dan dikenakan biaya USD 299 (Rp 4,8 juta) atau USD 349 (Rp 5,6 juta), tergantung ukuran perangkat.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini