Sukses

Samsung Galaxy A01 Hadir di Indonesia, Smartphone Sejutaan dengan Android 10

Samsung Galaxy A01 merupakan entry level smartphone pertama perusahaan asal Korea Selatan itu yang menjalankan One UI 2.0 berbasis pada Android 10.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy A01 resmi hadir di pasar Indonesia. Ini merupakan entry level smartphone pertama perusahaan asal Korea Selatan itu yang menjalankan One UI 2.0 berbasis pada Android 10.

Bertempat di kawasan Sudirman, Jakarta, Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronic Indonesia menyebut bahwa smartphone yang mengusung tagline "satu untuk sejuta gaya" itu merupakan suksesor dari Samsung J2 Prime.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager SEIN, memperkenalkan Samsung Galaxy A01 - Entry level smartphone terbaru Samsung untuk pasar Indonesia. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Menurut Irfan, Samsung J2 Prime sempat menjadi primadona di kalangan pengguna entry level smartphone di rentang harga sejutaan. Namun, produk tersebut telah didiskontinu dan sebagai gantinya, perusahaan menghadirkan Samsung Galaxy A01.

"One UI 2.0 ini menawarkan interaksi lebih natural karena semua menu terbagi atas (dua) viewing area. Upper segment untuk informasi, lower segment untuk interaksi," ujar Irfan.

Bentang layar 5,7 inci, kata Irfan, menawarkan pandangan yang lebih immersive bagi pengguna. Selain itu, bentang layar 5,7 inci berjenis TFT LCD itu memungkinkan one-hand navigation.

"Layar 5,7 inci itu satu sampai dua tahun lalu ada di phablet. Sekarang ada di smartphone, jadi compact," ujar Irfan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain dan Kamera

Dari segi desain, Samsung Galaxy A01 mengusung matte finish design dengan layar Infinity V. Desain matte dipilih salah satunya karena pertimbangan kenyamanan.

Bezel Galaxy A01 juga lebih tipis ketimbang Galaxy J2 Prime. Oleh sebab itu, 146.2 x 70.9 x 8.3 cm dengan bobot 149 gram itu lebih nyaman digenggam. 

Untuk saat ini perangkat sudah tersedia dalam varian warna hitam dan biru. Mulai April, Irfan menyebut varian warna merah akan tersedia.

Di aspek kamera, Samsung menyematkan dua kamera utama dengan lensa 13MP dan 2MP serta satu kamera depan dengan lensa 5MP.

"Lensa 13MP punya bukaan f2.2. Cukup tajam dan cerah di kelasnya. Lalu live focus berkat depth sensor 2MP bisa menghasilkan gambar bokeh yang natural," tutur Irfan.

Lebih lanjut, kamera depan 5MP juga memungkinkan pengguna untuk mengambil swafoto dengan latar bokeh, serta untuk keamanan dengan metode pengenalan wajah atau face recognition.

3 dari 4 halaman

Fitur dan Spesifikasi Lainnya

Untuk hiburan, Samsung Galaxy A01 telah mendukung Dolby Atmos.

"Kalau pakai A01 ini untuk entertainment, Dolby Atmos membantu kenyamanan dari sisi audio, dengan menggunakan earphone, baik wired maupun wireless, bisa menghasilkan 3D surround sound.

Dapur pacu smartphone ini adalah Snapdragon 439, yang dipadukan dengan RAM 2GB dan ROM 16GB. Tersedia pula satu slot kartu memori microSD yang terpisah dari SIM Card 1 dan 2, yang mendukung kapasitas hingga 512GB.

Spesifikasi ini diklaim sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengguna entry level smartphone yang umumnya mengakses media sosial dan aplikasi perpesanan, serta mengakses video dan music streaming.

 

4 dari 4 halaman

Paket Internet Khusus dari Telkomsel

Perusahaan menggandeng Telkomsel untuk penjualan Galaxy A01. Pengguna akan mendapatkan harga spesial paket internet dengan kuota 4GB seharga Rp 32 ribu per bulan--harga normal adalah Rp 64 ribu per bulan--selama setahun.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.