Telkomsel Targetkan Bangun 23.000 BTS 4G sepanjang 2020

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 09 Mar 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 09 Mar 2020, 13:30 WIB
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru
Perbesar
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru. Kredit: Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menargetkan pembangunan sekitar 23.000 unit BTS 4G di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2020. Ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam pemerataan akses jaringan di seluruh wilayah Indonesia.

Fokus pembangunan BTS 4G tahun ini juga sebagai wujud konsistensi meningkatkan kapasitas dan kecepatan, serta kenyamanan stabilitas akses guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap gaya hidup digital.

"Kami terus mengakselerasikan pertumbuhan jaringan broadband terutama 4G yang agresif untuk mendukung ekosistem gaya hidup digital, seiring dengan peningkatan trafik data sekitar 52 persen selama tahun 2019 dibanding tahun lalu (YoY)," ujar Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R dalam keterangan tertulis kepada Tekno Liputan6.com.

Venusiana menyebut perluasan dan penggelaran jaringan 4G LTE ini melalui pertimbangan bahwa penetrasi perangkat 4G semakin meningkat.

"Hal utama dari perluasan jaringan 4G kami adalah sebagai upaya kami memastikan terpenuhinya pengalaman kebutuhan gaya hidup digital pelanggan yang semakin dinamis," tutur Venusiana.

2 dari 3 halaman

Capaian 2019

Pada tahun sebelumnya, kata Venusiana, perusahaan telah membangun lebih dari 23.000 BTS 4G baru. Angka ini disebut telah melampui target total pembangunan 4G yang telah dicanangkan, yaitu mencapai 109 persen.

"Kami sangat bersyukur atas pencapaian tersebut dan menjadi pendorong semangat kami di tahun ini untuk terus mempercepat dan memperluas pemerataan jaringan berkualitas dan berteknologi terdepan di seluruh Indonesia," ujar Venusiana.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi baru

BTS 4G yang akan dibangun Telkomsel sepanjang 2020 juga akan menerapkan teknologi terbaru dalam pengembangan infrastruktur jaringan yang dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan akses jaringan hingga 3 kali lipat dari BTS 4G reguler yang sebelumnya sudah dihadirkan Telkomsel.

Pengembangan teknologi yang dimaksud meliputi penerapan teknologi NB-IoT, uji coba teknologi akses VoLTE, serta penggunaan teknologi Carrier Agregation.

Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi 4G LTE di frekuensi 900Mhz untuk memperluas jangkauan dan memperkuat sinyal terutama untuk pelanggan di dalam rumah atau gedung.

(Why/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓