Sukses

Langka, Nintendo PlayStation Terjual Rp 5,2 Miliar

Unit paling langka hasil kerja sama Nintendo dan PlayStation akhirnya berhasil terjual dengan nilai fantastis, Rp 5,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun lalu, salah satu unit Nintendo paling langka yang pernah ada dilaporkan akan dilelang. Unit ini masuk dalam kategori langka, karena hasil dari kerja sama Nintendo dengan Sony.

Oleh sebab itu, tidak sedikit yang menyebut konsol ini sebagai Nintendo PlayStation. Setelah diumumkan Desember 2019, unit ini akhirnya mulai dilelang sejak bulan lalu dan kini sudah berhasil terjual.

Dikutip dari Polygon, Senin (9/3/2020), unit ini ternyata dibeli dengan harga USD 300 ribu atau sekitar (Rp 4,2 miliar). Adapun sosok yang membeli konsol tersebut adalah seorang pengusaha asal Amerika Serikat bernama Greg McLemore.

Greg sendiri bukan orang asing dalam dunia bisnis Amerika Serikat. Dia merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam pengembangan Pets.com, sebelum akhirnya saham perusahaan itu dijual ke Amazon.

Menurut laporan Forbes, Greg yang berusia 51 tahun dikenal sebagai pengoleksi mesin video gim dan arcade klasik yang tak jarang merupakan barang langka.

Meski berhasil membeli Nintendo PlayStation dengan nilai fantastis, Greg menganggap uang yang dikeluarkannya belum terlalu besar.

Untuk diketahui, selain biaya USD 300 ribu, ada biaya tambahan untuk pembeli premium sebesar USD 60 ribu (Rp 848 juta). Jadi totalnya USD 360 ribu atau sekitar Rp 5,2 miliar. 

Uniknya, Greg mengatakan dia sebenarnya sudah sempat menawar konsol Nintendo Playstation ini dengan harga USD 100 ribu (Rp 1,4 miliar) beberapa tahun lalu, langsung ke pemiliknya yakni Terry Diebold. Namun, tawaran itu menerima penolakan.

Kendati berhasil membelinya, Greg mengatakan tidak akan menyimpan konsol ini sendiri. Dia berencana  meminjamkannya ke University Southern California Pacific Asia Museum untuk pameran yang menampilkan pengaruh negara-negara Asia di industri video gim.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unit Nintendo Paling Langka

Perlu diketahui, unit yang dilelang kali ini merupakan Super Nintendo dengan CD-ROM yang ditambatkan dan merupakan hasil kerja sama antara Nintendo dengan Sony.

Dikutip dari Kotaku, unit ini dilelang lewat Heritage Auctions. Untuk informasi, unit ini sebenarnya sudah sering mendapat penawaran dari berbagai pihak, tapi baru kali ini pemiliknya benar-benar akan melepasnya.

Unit ini sebenarnya terbilang unik karena diproduksi oleh Sony, sehingga dikenal pula sebagai purwarupa Play Station. Konsol ini sebenarnya memainkan kartrid gim Super Famicom, tapi dapat pula menjalankan gim dengan format CD.

3 dari 3 halaman

Sony Kembangkan Konsol Sendiri

Sayang, proyek ini tidak dilanjutkan oleh Sony dan Nintendo sekitar 1991. Sony sendiri belakangan diketahui mengembangkan sistem konsol sendiri yang lantas diberi nama PlayStation pada 1994.

Saat ini, konsol tersebut dimiliki oleh seorang pria bernama Terry Diebold. Dia mengaku mendapatkan unit langka ini ketika ada pelelangan di salah satu properti milik eksekutif Sony pada 2009.

Lalu pada 2015, konsol itu ditemukan oleh putra Terry dan dibawa berkeliling ke banyak event gim di seluruh dunia. Namun kini dia membutuhkan uang, sehingga memutuskan untuk melelang konsol tersebut.

"Saya telah berupaya keras untuk berkeliling dengan membawa konsol ini dan tidak menghasilkan apapun. Setiap perjalanan yang kami lakukan, semuanya memakai biaya dari kami sendiri," tutur Terry mengungkap alasannya untuk melelang unit ini.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.