Sukses

E3 2020 Terancam Batal Digelar karena Khawatir Wabah Virus Corona

Acara gim terbesar di dunia Electronic Entertainment Expo (E3) tahun ini terancam batal digelar karena virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus corona yang menyebar ke berbagai negara ternyata berdampak besar pada berbagai lini usaha, termasuk industri gim.

Gara-gara wabah virus corona (COVID-19), sejumlah pabrik produksi konsol gim pun mengeluhkan stok hardware, pembatalan acara, dan masih banyak lagi.

Kini, tampaknya acara gim terbesar di dunia Electronic Entertainment Expo (E3) tahun ini kemungkinan akan batal digelar.

Kabar ini mencuat setelah pemerintan kota Los Angeles, Amerika Serikat  (AS), yang menjadi lokasi pagelaran E3 2020 menyatakan keadaan darurat kesehatan karena khawatir penyebaran virus corona.

Electronic Software Association (ESA), selaku penyelenggara E3 pun langsung merilis pernyataan terhadap kabar penyebaran wabah virus corona ini.

Dikutip dari GamesIndustry via Gamerant, Kamis (5/3/2020), mereka masih berencana tetap menggelar dan menjadi tuan rumah acara E3 2020 dari 9 hingga 11 Juni 2020.

Namun, jika pada tanggal tersebut kondisi darurat di Los Angeles belum dicabut, maka pihaknya akan membatalkan penyelenggaraan E3 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantau Berita Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)

Lebih lanjut, penyelenggara juga mengungkap secara aktif memantau situasi penyebaran virus corona.

"Selain memantau kondisi, kami juga sedang mencari solusi agar dapat mengurangi risiko penyebaran virus coroan di acara tersebut," ujar juru bicara tim ESA E3.

Jika memang E3 2020 batal digelar, ini akan menjadi momen pertama dalam sejarah penyelenggaraan acara terbesar industri gim tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Pamer Gim dan Konsol Baru di E3 2020

Foto render konsol PS5 yang muncul di internet. (Doc: LetsGoDigital)

Sejak pertama kali digelar pada 1995, acara E3 secara konsisten digelar setiap tahunnya sebagai "tempat" bagi pengembang dan penerbit gim memamerkan karya dan hardware terbaru mereka.

Rencananya, Microsoft dan PlayStation akan memperlihatkan konsol gim terbaru mereka, yakni Xbox Series X dan PlayStation 5, masing-maing di E3 2020.

Bilamana E3 2020 batal digelar, hal ini tentunya akan memberikan dampak yang besar terhadap momen peluncuran konsol generasi berikutnya di pasaran.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini