Sukses

Bos Facebook: Dark Mode Jadi Fitur WhatsApp Paling Diminta Pengguna

Menurut CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dark mode di WhatsApp merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan hadir dalam versi beta, dark mode atau mode gelap akhirnya hadir di WhatsApp.

Seperti layanan chatting Telegram dan Line, WhatsApp akhirnya menghadirkan tampilan dark mode untuk pengguna di seluruh dunia.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pun membagikan kembali unggahan video yang diposting oleh WhatsApp di akun Facebook-nya.

Zuckerberg menambahkan komentar, menurutnya, dark mode di WhatsApp merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna.

"Dark mode di WhatsApp sudah hadir. Mungkin ini jadi salah satu fitur paling banyak diminta," kata Zuckerberg di akun Facebook-nya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dark Mode

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan kedatangan fitur dark mode untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Fitur ini melenggang setelah sebelumnya perusahaan melakukan uji coba beta di masing-masing sistem operasi dalam beberapa bulan terakhir.

Dikutip dari The Verge, Rabu (4/3/2020), fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp mulai hari ini. Adapun untuk mengaktifkannya, fitur dark mode ini sedikit berbeda di masing-masing versi sistem operasi.

Untuk pengguna iOS 13 atau Android 10, saat mereka mengaktifkan fitur dark mode di pengaturan sistem, secara otomatis WhatsApp akan turut berubah menjadi gelap.

Sementara pengguna Android 9 harus mengaktifkannya dari menu pengaturan di aplikasi. "Selama pengujian kami menemukan kombinasi hitam dan putih alami membuat kontras terlalu tinggi, sehingga menyakiti mata," tutur juru bicara WhatsApp.

3 dari 3 halaman

Gabungkan Warna Gelap

Oleh sebab itu, dark mode di WhatsApp menggabungkan latar berwarna abu-abu gelap dan putih buram untuk menurunkan kecerahan layar, mengurangi cahaya, dan meningkatkan kontras termasuk keterbacaannya.

Nantinya dark mode WhatsApp di perangkat iOS akan sepenuhnya hitam, sedangkan untuk di Android tampilannya akan berubah abu-abu gelap.

Bagi kamu yang ingin menjajalnya, dapat langsung mengunduh versi terbaru di masing-masing toko aplikasi.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.