Sukses

Google Bakal Kembali Kerja Sama dengan Huawei?

Google dan Huawei dilaporkan akan kembali menjalin kerja sama.

Liputan6.com, Jakarta - Google dan Huawei dilaporkan akan kembali menjalin kerja sama. Hal ini membuat Huawei akan bisa kembali menggunakan berbagai aplikasi Google termasuk Gmail, Maps, dan Play Store.

Dilansir dari Gizmochina, Kamis (27/2/2020), Google berencana untuk mendapatkan izin khusus dari pemerintah Amerika Serikat (AS) agar bisa bermitra kembali dengan Huawei.

Seperti diketahui sebelumnya, Departemen Perdagangan AS pada tahun lalu menempatkan Huawei dalam "Entity List". Hal ini membuat perusahaan tidak bisa berkolaborasi atau menggunakan teknologi dan software dari perusahaan-perusahaan berbasis di AS, yang salah satunya adalah Google.

Kebijakan AS itu membuat Huawei tidak bisa menggunakan layanan milik Google termasuk Maps, Gmail, dan Play Store pada smartphone terbarunya seperti seri Mate 30 dan Mate Xs.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Google dan Huawei mengenai pengajuan izin khusus tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Huawei Kerja Keras Agar Jadi Prioritas Para Developer

Sebelumnya Huawei dilaporkan tengah mengembangkan ekosistem aplikasi untuk perangkat Android besutannya. Perusahaan pun berusaha keras agar bisa menjadi prioritas bagi para developer (pengembang) aplikasi.

Usaha Huawei ini disebabkan perusahaan kini tidak bisa menggunakan aplikasi milik Google pada jajaran smartphone terbarunya. Hal ini menyusul pemblokiran oleh pihak AS.

Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group, Lo Khing Seng, mengungkapkan untuk bisa menjadi prioritas dan bersaing dengan ekosistem besar seperti Apple dan Google, bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, perusahaan menawarkan berbagai hal, termasuk kerjasama strategis.

"Tantangannya lebih ke jadwal prioritas, karena mereka juga ada tuntutan untuk mengembangkan aplikasinya dan merilis fitur-fitur baru. Jadi untuk menjadi prioritas, dibutuhkan upaya lebih," ungkap Lo Khing Seng dalam acara pengumuman Huawei Mate Xs di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

"Ada banyak yang kami tawarkan, termasuk kerja sama strategis. Mereka sangat welcome dengan Huawei, karena mereka juga harus ada plan B untuk perubahan-perubahan," sambungnya.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini