WhatsApp Bakal Hadirkan Dark Mode ke Versi Desktop, Ini Bocoran Tampilannya

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 27 Feb 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Feb 2020, 07:00 WIB
WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp rupanya ingin pengguna memiliki pengalaman yang konsisten di tiap platform-nya. Oleh karena itu, WhatsApp menghadirkan tampilan dark mode untuk versi desktop.

Layanan perpesanan Facebook ini tampak telah mengembangkan dark theme untuk versi website-nya. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo.

Mengutip laman The Next Web, Kamis (27/2/2020), implementasi yang dilakukan saat ini masih cukup kasar, sehingga butuh waktu lebih lama untuk memuluskannya.

Sementara, secara fungsional temanya masih membutuhkan sejumlah pengerjaan lebih lanjut. Misalnya mode gelap masih mengacaukan emoji keyboard, dan meninggalkan latar belakang putih di belakang ikon.

Dark mode WhatsApp (Foto: The Next Web)

2 dari 4 halaman

Masih Belum Bisa Dipakai

Ilustrasi Facebook dan WhatsApp
Ilustrasi Facebook dan WhatsApp

Sementara, emoji terlihat berfungsi dengan baik di bilah chat. Tema baru ini juga mendukung penggunaan stiker, namun untuk stiker tidak ada kendala berarti di bagian latar belakang.

WhatsApp sendiri sudah merilis dark mode ke Android dan bakal meluncurkannya ke iOS. Jadi, menambahkan dark mode ke desktop bakal membawa pengalaman serupa di platform apapun.

Sayangnya, masih belum tahu kapan dark mode akan benar-benar bisa dipakai di versi website.

WhatsApp dark mode (Foto: The Next Web)

3 dari 4 halaman

Tentang WhatsApp Dark Mode

dark mode WhatsApp
Dark Mode pada WhatsApp (Foto: The Sun)

Sebelumnya, diberitakan, pemilik iPhone tampaknya bisa menjajal fitur dark mode di WhatsApp. Pasalnya, program beta TestFlight terbaru milik aplikasi perpesanan milik Facebook ini sudah mencakup dark mode.

Sebelumnya, pembaruan untuk versi Android beta WhatsApp sudah bisa dijajal bulan lalu dan kemungkinan, fitur dark mode bakal hadir di pengguna iOS sesegera mungkin.

Tak hanya fitur dark mode, versi beta WhatsApp di iOS ini menambahkan opsi tema baru ke pengaturan aplikasi yang memungkinkan pengguna bertukar tampilan. Demikian sebagaimana dilaporkan via CNET, Jumat (21/2/2020).

Namun, WhatsApp belum memberikan komentar atas kehadiran versi beta terbaru di iPhone.

Kehadiran dark mode memungkinkan pengguna punya opsi warna gelap untuk tema WhatsApp mereka. Google mencatat, kehadiran dark mode dalam sebuah aplikasi bisa mengurangi konsumsi baterai pada smartphone dengan layar OLED.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓