Sukses

Samsung Mulai Produksi Massal RAM 16GB untuk Smartphone

Samsung baru mengumumkan, pihaknya akan memulai produksi massal untuk RAM 16GB jenis LPDDR5 RAM chipset. Chipset ini ditujukan untuk memperkuat smartphone premium.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun lalu, kehadiran smartphone dengan RAM 1GB sudah dianggap "wah". Namun, saat ini, vendor smartphone kian berlomba menyisipkan RAM besar, misalnya 8GB dan ada pula yang 12GB.

Terbaru, kemungkinan bakal standar baru di dunia smartphone, yakni perangkat dengan RAM 16GB. Hal ini seiring dengan dilakukannya proses produksi massal chipset RAM 16GB oleh Samsung.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/2/2020), Samsung baru mengumumkan, pihaknya akan memulai produksi massal untuk RAM 16GB jenis LPDDR5 RAM chipset. Chipset ini ditujukan untuk memperkuat smartphone premium.

Sebagaimana diketahui, saat ini belum banyak smartphone yang memakai RAM 16GB di pasaran. Nah, Galaxy S20 Ultra yang belum lama ini dirilis adalah salah satu perangkat dengan RAM 16GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Cepat dan Hemat Daya

Menurut Samsung, chipset RAM 16GB yang bakal diproduksi massal ini menawarkan kecepatan hingga 5.500Mbps membuatnya 30 persen lebih cepat dibandingkan jenis chipset LPDDR4.

Samsung juga mengklaim, chipset LPDDR5 lebih efisien ketimbang chip generasi sebelumnya. Sehingga, saat dipakai di smartphone, baterai perangkat bisa lebih hemat.

Samsung tidak menyebutkan perusahaan mana saja yang mulai memesan atau tertarik dengan chip RAM LPDDR5 mereka. Yang pasti, jangan kaget kalau di tahun 2020 atau 2021 akan mulai banyak smartphone premium yang meluncur dengan chipset ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.