Bertransformasi, Bhinneka.com Tunjuk Vensia Tjhin Jadi Chief of Commercial dan Omnichannel

Oleh Iskandar pada 24 Feb 2020, 15:37 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 15:37 WIB
Vensia Tjhi. Chief of Commercial dan Omnichannel Bhinneka.com. Dok: Bhinneka.com

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menguatkan transformasi perusahaan menjadi business super-ecosystem, Bhinneka.com menunjuk Vensia Tjhin sebagai Chief of Commercial dan Omnichannel (COCO).

CEO dan founder Bhinneka.com, Hendrik Tio, mengatakan langkah ini menjadi bagian dari transformasi digital perusahaan.

"Kami menginginkan Bhinneka.com menjadi organisasi yang kian agile, mampu merespons cepat, dan cermat perubahan yang terjadi di market maupun lingkungan bisnis," ujar Hendrik melalui keterangannya, Senin (24/2/2020).

Ia menjelaskan cakupan operasional pada posisi Chief of Commercial dan Omnichannel lebih luas dibanding sebelumnya.

"Melihat pengalaman Vensia sebagai salah satu wanita yang terjun di awal industri e-commerce Indonesia dan turut membangun Bhinneka.com hingga melampaui tiga fase perjalanan e-commerce ini, maka beliau adalah figur senior yang tepat untuk menempati posisi tersebut,” Hendrik memungkaskan.

Tidak hanya supervisi pada platform yang menjadi salah satu pilar operasional bisnis perusahaan saat ini, Vensia juga menggawangi Direktorat Merchandising, serta Direktorat Corporate Business.

Secara komprehensif ketiga direktorat itu saling berkaitan. Antara Platform dan Merchandise, juga Corporate Business sebagai kanal utama revenue Bhinneka.com yang memang fokus di pasar B2B maupun B2G.

 

2 dari 3 halaman

Insting Bisnis di Ranah Pemasaran

Selain insting bisnis yang telah dibangun Vensia selama lebih dari 20 tahun di ranah penjualan dan pemasaran, posisi ini juga menuntut ketangkasan dalam sinkronisasi teknologi itu sendiri.

Proses pembangunan teknologi bagi business super-ecosystem juga akan didampingi Vensia, agar fitur-fitur di dalamnya bisa memaksimalkan sudut-sudut bisnis secara korporasi.

"Aspek ini sangat penting. Supaya bisa lebih menjaga alignment pekerjaan di antara tiga major function, sehingga menjadi lebih cepat dan komprehensif. Sekaligus untuk bisa lebih menghadirkan, mengarahkan, dan menajamkan inisiatif-inisiatif di antara ketiga direktorat tersebut,” ujar Hendrik.

 

3 dari 3 halaman

Figur Senior

Vensia sendiri bukan orang baru di Bhinneka.com. Ia merupakan figur senior di perusahaan, yang mana mulai bergabung sejak 1995 sebagai Sales & Marketing Officer. Kemudian, karirnya menanjak hingga menjadi Director of Sales.

Pasca masuknya investasi ke Bhinneka.Com, Vensia menjabat sebagai Chief of Omnichannel Officer (COCO) pada rentang 2018-2019 yang kala itu fokus ke pasar B2C.

Seiring perubahan, Bhinneka.com menjadi business super-ecosystem, di mana fokus bisnis mengarahkan beliau menjadi Chief of Commercial & Omnichannel (COCO).

Dengan peran baru ini Vensia membawa Bhinneka.Com menjadi trendsetter dan B2B industry leader. Saat ini Bhinneka.com mengklaim sudah bermitra dengan lebih dari 6.000 supplier yang tergabung dalam Bhinneka Merchant Club.

Juga melayani lebih dari 100.000 purchase order yang didominasi permintaan dari segmen B2B.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓