Sukses

Petaka Hanyutnya 257 Siswa SMPN 1 Turi Sleman Jadi Trending Topic

Kata SMPN 1 Turi menjadi trending topic di Indonesia, dengan lebih dari 8 ribu cuitan.

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi hanyutnya 257 siswa SMPN 1 Turi Sleman di Sungai Sempor, Yogyakarta, mengundang perhatian warganet di media sosial, terutama Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (21/2/2020), kata SMPN 1 Turi menjadi trending topic di Indonesia, dengan lebih dari 9 ribu cuitan.

Banyak dari warganet melantunkan doa untuk keselamatan para korban yang terseret banjir dan tak sedikit dari mereka yang mengucapkan belaksungkawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Korban Selamat

Berdasarkan informasi yang kumpulkan, dilaporkan 257 siswa yang merupakan siswa kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan Pramuka Susur Sungai Sempor. Tiba-tiba arus sungai menderas karena banjir yang mengakibatkan sebagian peserta hanyut.

Info dari kantor Basarnas DIY puluhan siswa masih dalam pencarian, sementara hasil assessment PMI Kabupaten Sleman menyebutkan sebanyak 127 siswa kelas 8 yang mengikuti acara tersebut, 120 di antaranya selamat, sedangkan dari 129 siswa kelas 7 yang menjadi peserta sampai dengan pukul 18.00 WIB baru terabsen 51 orang. Total 171 siswa selamat.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Korban Meninggal

PMI Kabupaten Sleman juga mendata 4 orang korban meninggal dunia, yaitu Sofia Aulia dan Nur Azizah dari kelas 8 serta Arisma dari kelas 7, sedangkan satu korban meninggal lain yaitu Latifa belum diketahui kelasnya.

Sementara, 6 orang korban selamat telah dibawa pulang oleh keluarganya. Data lain juga menyebutkan bahwa 4 korban selamat dirawat di Puskesmas Turi dan 1 korban selamat dirawat di RS Puri husada.

Pencarian terus dilakukan oleh tim gabungan dari SAR, Polisi, PMI, dan komunitas relawan yang dibantu oleh masyarakat, Posko Pendataan didirikan oleh BPBD Sleman di SMPN 1 Turi sedangkan Posko Pengendali pencarian didirikan Basarnas di Dukuh Sempor.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini