Sukses

Edtech Hadirkan Terobosan di Dunia Pendidikan untuk Ciptakan SDM Unggul

Edtech (education techonology) startup menghadirkan terobosan di dunia pendidikan untuk ciptakan SDM unggul.

Liputan6.com, Jakarta - Seminar Nasional bertajuk "Tren Edutech 2020: Menuju Indonesia Maju" berlangsung hari ini, Kamis (20/2/2020) di Balai Kartini, Jakarta. Seminar yang digelar oleh Kelas Pintar dan Telset.id ini menyoroti dua topik utama, yakni Peran Teknologi dalam Memangkas Disparitas Dunia Pendidikan dan Tren/Arah Pengembangan Pendidikan Berbasis Teknologi.

Seminar ini, menurut ketua pelaksana acara yang juga CEO Telset.id, Nurhamzah, memiliki tiga tujuan utama. Pertama, memetakan persoalan-persoalan pendidikan dan bagaimana teknologi bisa memberikan solusi.

Kedua, memetakan arah pengembangan pendidikan berbasis teknologi. Ketiga, merumuskan langkah untuk mengakselerasi penerapan pendidikan berbasis teknologi di Indonesia.

"Saya percaya teknologi bisa meng-amplify dunia pendidikan seperti halnya teknologi meng-amplify industri finansial, transportasi dan seluruh ekosistem di dalamnya,” ujar Nurhamzah dalam keterangan tertulis.

Hal senada dipaparkan oleh Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar yang juga merupakan ketua steering comittee acara ini. Menurut pria yang akrab disapa Uffie itu, bukan tanpa alasan jika tema tren edutech dikaitkan dengan visi Indonesia 2045.

"Teknologi hadir untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kami percaya pendidikan berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan membawa Indonesia unggul di mata dunia," ujar Uffie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disparitas

Dalam sambutannya, Uffie juga menyoroti kompleksitas dunia pendidikan di Indonesia. Dengan lebih dari 300 ribu sekolah dan 50 juta siswa di seluruh wilaya Indonesia, kata Uffie, akses pendidikan berkualitas masih menjadi sesuatu yang "mahal". 

Oleh sebab itulah teknologi perlu diterapkan di dunia pendidikan. Ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo yang berharap teknologi bisa menghadirkan terobosan dan lompatan-lompatan dalam dunia pendidikan sebagai bagian dari upaya menciptakan SDM Unggul.

"Inilah kenapa pada hari ini kami mengajak segenap stakeholders di dunia pendidikan duduk bersama untuk memetakan persoalan pendidikan dan merumuskan langkah ke depannya. Karena kami percaya, ketika mecerdaskan kehidupan bangsa jadi tujuan bernegara, maka sudah jadi tugas kita bersama untuk memastikan pendidikan berkualitas bisa diakses oleh seluruh anak bangsa," tutur Uffie.

Seminar "Tren Edutech 2020: Menuju Indonesia Maju" dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai stakeholders di dunia pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, perwakilan kementerian pendidikan dan kebudayaan, perwakilan kementerian komunikasi dan informasi, media hingga pelaku industri.

Turut hadir dalam acara tersebut Keynote Speakers Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kominfo. Hadir pula sebagai pembicara, Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd. - BSNP, Gogot Suharwoto, Ph.D - Kepala Pustekkom dan Drs. Sobirin HS - Ketua YPI Al Azhar Indonesia. Semua pembicara tersebut membahas dunia pendidikan berbasis teknologi dari berbagai aspek, mulai dari regulasi, infrastruktur, riset/kajian, hingga implementasi.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.