Cara Aktifkan Dark Mode di Semua Aplikasi dan Perangkat

Oleh Yuslianson pada 18 Feb 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 07:19 WIB
Cara SMS dengan Menggunakan PC

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini makin banyak perusahaan teknologi telah menyediakan opsi dark mode situs (modus gelap) ke dalam produk buatan mereka, seperti sistem operasi (OS) di smartphone dan PC, situs web, dan aplikasi buatannya.

Adapun dark mode ini menawarkan kenyamanan bagi pengguna karena dapat mengurangi emisi cahaya yang terpancar dari layar ke mata.

Sebagai informasi, emisi cahaya biru (blue light) yang terpancar dari layar perangkat elektronik tidak baik bagi mata, apalagi jika berlangsung dalam waktu lama.

Untungnya, kini sejumlah perusahaan pembuat aplikasi atau perangkat sudah menyediakan opsi untuk mengaktifkan dark mode di produk-produk mereka.

Bagaimana caranya? Simak tips sederhana ini sebagaimana dikutip dari Wired, Selasa (17/2/2020).

1. Android

Android 10 yang baru saja dirilis oleh Google (sumber: Google)

Tergantung dari perangkat dan OS yang digunakan, cara mengaktifkan fitur dark mode di perangkat Android berbeda-beda.

Namun, sebagian besar kamu bisa menemukan opsi ini di menu Settings > Display. Nyalakan dark mode untuk mengubah warna tampilan smartphone menjadi gelap.

Untuk setiap aplikasi yang mendukung dark mode, seperti Gmail dan Android Messages, akan berubah warnanya menjadi gelap.

 

2 dari 3 halaman

2. iOS dan iPadOS

Tampilan dark mode di iOS 13 (sumber: Apple)

Buka aplikasi Settings di iOS atau iPadOS, tap Display & Brightness. Kamu akan melihat tiga opsi untuk dipilih, seperti opsi light, dark, auto.

Atau kamu bisa mengaktifkan tombol otomatis (auto) untuk mengubah pengaturan fitur berdasarkan zona waktu.

3. Windows

Windows 10, (gettyimages)

Bagi pengguna Windows, sistem operasi milik Microsoft ini memiliki dark mode (modus gelap) yang akan aktif untuk setiap aplikasi di PC atau komputer--selama aplikasi itu mendukungnya.

Untuk mengaktifkannya, klik ikon roda di menu Start, dan pilih Personalization, Colors, dan pilih Light atau Dark di bawah tab Choose your color.

Alih-alih memakai warna gelap dan terang, kamu juga dapat mengatur modus ini secara terpisah baik berlaku untuk OS Windows saja atau aplikasi tertentu.

 

3 dari 3 halaman

4. macOS

macOS High Sierra sudah bisa diretas. (Doc: Digital Trends)

Seperti Windows, macOS juga memiliki pengaturan dark mode untuk seluruh OS-nya.

Kamu bisa menemukannya dengan membuka menu Apple, System Preferences, lalu General. Nanti, kamu akan bisa mengatur pilihan tampilan macOS agar lebih terang, gelar atau otomatis.

Jika memilih otomatis, maka tema di macOS akan berubah tergantung dari jam di zona waktu kamu. Pada malam hari, dark mode akan otomatis menyala, dan begitu juga sebaliknya.

5. WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Pada saat ditulis, dark mode masih hanya tersedia di WhatsApp versi beta. Hingga kini, iOS beta masih belum menerima pendaftaran user yang baru.

Adapun fitur dark modei di WhatsApp ini akan diumumkan ke publik dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Saat fitur ini sudah tersedia secara global, kamu dapat mengaktifkan dark mode ini di Chat > Themes di Settings di dalam aplikasi.

Nanti kamu akan menemukan tombol untuk mengaktifkan fitur dark mode ini.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓