Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Flip, Smartphone Layar Lipat Rp 21 Jutaan dari Samsung

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Feb 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 12:00 WIB
Galaxy Z Flip
Perbesar
Perbandingan Galaxy Z Flip dengan Galaxy Fold. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, San Francisco - Samsung memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Flip sebagai kejutan di ajang Galaxy Unpacked 2020 yang berlangsung di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Galaxy Z Flip langsung mencuri perhatian dengan riuhnya sorak sorai dari hadirin yang datang ke acara tersebut, saat pertama diperkenalkan.

Bagaimana tidak, alih-alih memperkenalkan Galaxy S20 series terlebih dahulu, Samsung malah mengulangi kejutannya di tahun lalu dengan lebih dahulu memperkenalkan Galaxy Z Flip.

Berukuran seperti kotak bedak padat, Galaxy Z Flip hadir dalam tiga varian warna, yakni Mirror Black, Mirror Purple, dan Mirror Gold untuk sejumlah pasar.

Smartphone layar lipat yang terbuat dari material Ultra Thin Glass (UTG) ini dibanderol dengan harga Rp 21.888.000 di Indonesia dan sudah habis terjual dalam 66 menit pertama masa pre order-nya.

Namun sebenarnya, spesifikasi dan desain seperti apa sih yang ditawarkan si kecil ini sampai bisa langsung sold out?

Galaxy Z Flip sebenarnya bukanlah smartphone untuk semua orang. Ponsel pintar ini mengedepankan desain yang benar-benar inovatif, bisa dilipat, tipis, stylish, dan menunjang penampilan.

Meski begitu, Samsung tidak mengorbankan spesifikasi perangkat. Artinya selain sebagai fashion statement, Samsung juga membuat para pengguna Galaxy Z Flip bisa terus produktif dalam hal membuat konten atau kegiatan multitasking lainnya.

Galaxy Z Flip sendiri memiliki layar Full HD+ Super Amoled seluas 6,7 inci yang bisa dilipat jadi dua bagian. Begitu dilipat, dimensi Galaxy Z Flip jadi sangat kecil, yakni 73,6 x 87,4 x 17,3mm ditambah engselnya. Bobotnya pun hanya 183 gram saja.

Ketika layar sedang dibuka, Galaxy Z Flip menerapkan Flex Mode yang memungkinkan perangkat untuk bisa terbuka seperti laptop, karena disangga oleh bagian engselnya.

Flex Mode membuat pengguna bisa selfie tanpa harus menyandarkan perangkat ke benda lain atau memakai tripod kecil.

Kamera Utama dan Selfie

Dian Sastrowardoyo memegang Samsung Galaxy Z Flip Mirror Purple di acara peluncuran smartphone ini di San Francisco, California, Amerika Serikat. (Foto: Dok Pribadi Dian Sastrowardoyo).
Perbesar
Dian Sastrowardoyo memegang Samsung Galaxy Z Flip Mirror Purple di San Francisco, California, Amerika Serikat. Foto: Dokumen Pribadi Dian Sastrowardoyo

Ketika dilipat, Galaxy Z Flip menampilan sebuah layar kecil yang bisa dipakai untuk menampilkan notifikasi dan waktu, ditambah dengan menampilkan layar untuk selfie.

Kemudian, di samping layar tersebut terdapat dua kamera utama, masing-masing adalah 12MP ultra wide angle (123 derajat) dengan ukuran 1,12 mikron piksel dan aperture f2.2.

Satu kamera lainnya adalah 12MP wide-angle (78 derajat) dengan autofokus dual pixel dan OIS. Ukuran pikselnya adalah 1,4 micron piksel serta aperture f1.8.

Kemudian, saat layar dibuka, Galaxy Z Flip memiliki sebuah kamera selfie 10MP dengan ukuran piksel 1,22 mikron piksel dan aperture f2.4.

Spesifikasi Lengkap

Galaxy Z Flip
Perbesar
Samsung Galaxy Z Flip, smartphone layar lipat terbaru Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kemampuan layar Galaxy Z Flip dibekali dengan fitur eye care display, memungkinkan untuk mengurangi kelelahan mata dan gangguan tidur tanpa mengorbankan output warna.

Selanjutnya, Galaxy Z Flip telah mengadopsi sistem operasi Android 10.

Samsung menyematkan chipset Snapdragon 855 Plus untuk perangkat ini. Sementara untuk RAM tersedia satu opsi yakni 8GB dengan memori internal 256GB.

Hal lain yang juga mendukung kinerja perangkat adalah kapasitas baterai 3.300mAh, tak cukup besar untuk smartphone 6,7 inci. Namun, Samsung menambahkan teknologi pengisian daya cepat melalui power cord dan wireless.

Galaxy Z Flip juga memiliki dukungan fingerprint scanner yang diletakkan di tombol power bagian samping, sensor gyro, accelerometer, barometer, geomagnetic, proximity, dan hall sensor.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓