Sukses

Tips Mudah Sembunyikan Aplikasi di Smartphone

Untungnya ada metode singkat yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone. Yuk, ikuti langkahnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki aplikasi bermanfaat atau memiliki hobi yang tidak ingin diketahui oleh orang-orang memang menyenangkan.

Mungkin kamu akan merasa gelisah jika aplikasi tersebut akan diketahui oleh banyak orang terutama teman-temanmu.

Hal ini bisa saja terjadi secara tidak sengaja saat kamu meminjamkan smartphone atau bahkan temanmu yang mengintip.

Bagi pengguna iPhone, sebenarnya secara resmi Apple belum menyediakan metode khusus untuk menyembunyikan aplikasi di layar utama.

Untungnya ada metode singkat yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Yuk ikuti langkah di bawah ini, sebagaimana dikutip dari laman Digital Trends, Senin (17/2/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ketuk dan Tahan

Langkah pertama yaitu ketuk dan tahan satu aplikasi yang ingin kamu sembunyikan di iPhone dengan iOS 13.2 atau lebih. Kamu bisa mengetuk tombol Edit Layar Beranda.

Sedangkan jika kamu masih dengan iOS 13 atau 13.1, ketuklah Atur Ulang Aplikasi atau ketuk aplikasi tersebut sedikit lebih lama hingga ikon aplikasi tersebut tampak bergetar.

 

3 dari 4 halaman

2. Drag Aplikasi

Langkah kedua yaitu seret atau drag aplikasi yang ingin disembunyikan ke aplikasi lain. Dengan hal ini nantinya akan menjadi sebuah folder dan beri nama di setiap folder-nya untuk menyembunyikan.

3. Drag Aplikasi ke Folder Baru

Kamu bisa drag beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan lainnya dalam satu folder.

 

4 dari 4 halaman

4. Drag Aplikasi Lain

Kalau semua aplikasi yang ingin disembunyikan sudah ditempatkan dalam satu folder, seret juga aplikasi lainnya untuk menjadi tameng di halaman pertama dan aplikasi yang disembuyikan berada di halaman kedua.

5. Ubah Nama Folder

Kamu bisa mengubah nama folder-nya untuk menyembunyikan identitas aplikasi. Sesuaikan dengan aplikasi di halaman pertama, jika folder dinamai dengan Kamus, maka masukan aplikasi kamus ke dalam folder.

Lima langkah di atas merupakan tips untuk kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi pada iPhone. Silahkan di coba ya.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini