Microsoft Perkenalkan Xbox One X Edisi Khusus Air Jordan

Oleh Agustinus Mario Damar pada 14 Feb 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 18:00 WIB
Xbox One X

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft diketahui telah menjalin kerja sama dengan Nike untuk menggarap Xbox One X edisi khusus Air Jordan. Keberadaan konsol terbatas ini diketahui dari akun Twitter Xbox beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Kamis (14/2/2020), konsol edisi khusus ini tampil dengan balutan warna merah dan tekstur khas sepatu Air Jordan. Tidak hanya konsol, kontroler edisi khusus ini juga mengusung desain senada.

Berdasarkan informasi, konsol ini didesain berdasarkan sneaker anyar Air Jordan III Retro U. Rencananya, sneaker tersebut akan dirilis akhir pekan ini. Kehadiran konsol ini bersamaan pula dengan dimulainya NBA All-Star di Chicago, Amerika Serikat.

Sayangnya, Xbox One X ini belum diproduksi untuk publik. Untuk sekarang, konsol ini hanya tersedia sebagai hadiah untuk kompetisi yang akan digelar hingga 27 Februari 2020.

Sekadar informasi, kolaborasi ini merupakan yang pertama dilakukan Microsoft untuk menghadirkan konsol edisi khusus. Perusahaan ini sudah melakukanya beberapa kali dan memang tidak semuanya dijual untuk publik.

Beberapa konsol Xbox edisi khusus termasuk edisi yang pernah diperkenalkan adalah Xbox One S Paul Walker dan edisi Chainsmokers. Sementara model lain yang dijual terbatas ada versi Minecraft hingga Fortnite.

2 dari 3 halaman

Xbox One Console Streaming Kini Menjangkau Seluruh Dunia

Xbox One X
Phil Spencer ungkap Xbox One X di E3 2017. (Doc: Cnet)

Microsoft sendiri baru saja mengumumkan bahwa fitur Xbox One Console Streaming kini sudah dapat diakses di seluruh dunia. Jadi, Xbox Insiders di setiap negara yang mendukung Xbox Live dapat memanfaatkan fitur ini.

Dikutip dari Game Spot, Senin (20/1/2020), layanan ini memungkinkan pengguna Xbox One memainkan gim miliknya di perangkat Android, baik tablet maupun smartphone.

Layanan ini dapat digunakan dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi maupun seluler. Namun dibutuhkan jaringan yang stabil dan cukup kuat, setidaknya 5GHz untuk Wi-Fi, sedangkan koneksi seluler dengan kecepatan 10Mbps (download) dan 4,7Mbps (upload).

Tidak hanya itu, Microsoft memastikan pelanggan Xbox Games Pass dapat memanfaatkan layanan Xbox Console Streaming ini. Untuk pengguna Xbox One yang tertarik menjajal layanan ini diharuskan untuk bergabung dengan program Xbox Insider terlebih dulu.

Selain itu, pengguna juga sudah memiliki Xbox One Wireless Controller dengan fungsi bluetooth. Setelahnya, kamu tinggal mengunduh aplkasi Xbox Game Streaming Preview dari Google Play Store.

Perlu diketahui, Microsoft pertama kali memperkenalkan layanan ini di Inggris dan Amerika Serikat pada Oktober 2019. Lalu di tahun ini, perusahaan menghadirkannya ke lebih banyak negara. 

3 dari 3 halaman

Microsoft Juga Luncurkan Project xCloud

Project xCloud
Microsoft Project xCloud. (Doc: The Verge)

Sebelumnya, Microsoft juga merilis layanan serupa yang diberi nama Project xCloud. Namun, layanan ini sebenarnya lebih mirip dengan Stadia dari Google.

Saya berharap Project xCloud akan tersedia secara umum pada 2020," ucap Phil Spencer, head of gaming di Microsoft, dikutip dari The Verge, Sabtu (16/11/2019).

Microsoft berencana untuk mengintegrasikan Project xCloud dengan Xbox Game Pass juga pada tahun ini.

Dengan ini, gamer bisa streaming gim mereka dari layanan berlangganan milik Microsoft langsung dari cloud.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓