Gampang Banget, Begini Cara Cek RAM di Windows 10

Oleh Yuslianson pada 15 Feb 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 10:00 WIB
Microsoft Bagi-bagi Windows 10 Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami PC atau laptop yang digunakan performanya melambat?

Jika ya, perfoma yang semakin melambat diakibatkan karena RAM yang terpasang di laptop atau PC memiliki kemampuan yang kurang mumpuni.

Adapun RAM di PC atau laptop kamu berfungsi sebagai memori jangka pendek yang digunakan untuk menjalankan aplikasi atau membuka file.

Semakin besar RAM yang dimiliki, maka PC atau laptop kamu pun akan memiliki performa cepat dan mampu menjalankan aplikasi sekaligus lebih banyak.

Nah, bagi kamu yang penasaran mengetahui berapa RAM yang digunakan atau apakah cukup untuk menjalankan software yang terpasang di PC.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah cara mudah untuk mengecek RAM di PC berbasis Windows 10, sebagaimana dikutip dari Lifewire, Sabtu (15/2/2020).

 

2 dari 3 halaman

Pakai Command Prompt

Command prompt. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti disebutkan, sangat mudah untuk memeriksa total RAM dan yang tersedia menggunakan command prompt dengan menekan tombol Windows+R di keyboard.

Setelah itu ketikkan cmd dan klik Ok. Setelah muncul, ketik systeminfo | findstr /C:"Total Physical Memory" untuk mengetahui total RAM.

Sedangkan, ketik systeminfo | find "Available Physical Memory" agar tahu berapa RAM yang tersedia.

 

3 dari 3 halaman

Menggunakan Task Manager

cara cek RAM di Windows 10. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Jika ingin mendapatkan informasi realtime total RAM yang tersedia dan totalnya, kamu bisa menggunakan Task Manager.

Untuk mengakses ini, klik di taskbar Windows dan pilih Task Manager. Pilih tab Performance, lalu Memori dari menu navigasi di sisi kiri.

Di sini, kamu akan melihat tampilan RAM yang digunakan dan tersedia. Grafik ini dan angka di bawahnya akan berubah secara realtime saat kamu membuka dan menutup aplikasi.

Gimana, sangat mudah bukan?

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓