Sukses

Foxconn Bakal Lanjutkan Produksi di Tiongkok

Manufaktur utama iPhone, Foxconn, dilaporkan sudah mendapatkan lampu hijau untuk membuka kembali dua pabrik utamanya di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Manufaktur utama iPhone, Foxconn, dilaporkan sudah mendapatkan lampu hijau pada Senin (10/2/2020), untuk membuka kembali dua pabrik utamanya di Tiongkok.

Sebelumnya Foxconn memutuskan menutup sementara operasional pabrik untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Dilansir dari Reuters, Selasa (11/2/2020), Foxconn mendapatkan persetujuan untuk melanjutkan operasionalnya di pabrik yang berada di Zhengzhou dan Shenzhen. Seorang sumber mengatakan sejauh ini baru 10 persen tenaga kerja Foxconn yang telah kembali bekerja.

Kedua pabrik tersebut merupakan tempat produksi iPhone. Penundaan produksi yang disebabkan penutupan sementara, diperkirakan akan memengaruhi pengiriman produk ke pasar global.

Foxconn merupakan manufaktur elektronik terbesar di dunia. Selain iPhone, produk lain yang diproduksi antara lain perangkat Nokia, Xiaomi, dan iPad.

"Karena masalah kebijakan dan alasan sensitivitas komersial, kami tidak mengomentari inisiatif spesifik produksi kami," ungkap pihak Foxcon dalam sebuah pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tenaga Kerja Foxconn

Sebanyak 16 ribu karyawan Foxconn di Zhengzhou, atau 10 persen dari total yang ada, telah kembali bekerja pada Senin. Sementara di Shenzhen sekira 20 ribu atau 10 persen pekerja kembali setelah liburan Tahun Baru Imlek.

"Pabrik Shenzhen telah memberi tahu karyawan untuk kembali bekerja besok. Pekerjaan di sana akan dilanjutkan dengan cara yang tertata dan teratur, tapi tantangan besar tetap ada setelah pembukaan pabik karena situasi (penyebaran virus Corona)," ungkap seorang sumber.

Sebelum akhirnya diputuskan kembali melanjutkan produksi di pabrik-pabriknya, Foxconn sempat memperpanjang waktu libur karyawan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.