Wabah Virus Corona Berpotensi Tunda Peluncuran PS5 dan Xbox Series X?

Oleh Yuslianson pada 08 Feb 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 08 Feb 2020, 13:00 WIB
PS4 dan Xbox

Liputan6.com, Jakarta - Sony dan Microsoft dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan konsol mereka masing-masing, yakni PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X pada akhir tahun ini.

Namun, peluncuran kedua konsol anyar tersebut kemungkinan tertunda karena penyebaran virus corona. Toh, kedua konsol itu masih diproduksi di negara tersebut.

Dikutip laporan Jefferies Group via Gamerant, Sabtu (8/2/2020), perusahaan manufaktur di Tiongkok harus berhenti sementara karena virus corona.

Hal ini tentunya berpotensi menunda peluncuran PS5, Xbox Series X, dan gim yang dirilis bersama dengan koknsol tersebut.

Walau tidak tertunda peluncurannya, ada kemungkinan wabah virus corona ini dapat mengakibatkan konsol yang diproduksi tidak mencapai target saat peluncurannya di akhir tahun.

 

2 dari 3 halaman

Nintendo Tunda Peluncuran Bundle Animal Crossing

Animal Crossing: New Horizons. (Doc: Nintendo)

Sebelumnya, Nintendo juga mengumumkan bundle gim Animal Crossing: New Horizons dengan konsol Switch juga tertunda peluncurannya di Jepang karena virus corona.

Selain itu, wabah virus corona juga berdampak terhadap ditunda dan dibatalkannya gelaran acara esports di negara tersebut.

Adapun acara esports yang tertunda dan dibatalkan penyelenggaraannya, termasuk League of Legends Pro League pekan ke-2, dan Overwatch League.

Tak hanya itu, Taipei Game Show juga ditunda ke tanggal yang belum ditentukan karena khawatir terhadap penyebaran virus corona.

 

3 dari 3 halaman

Unduhan Gim Plague Inc Naik

Plague Inc. (Doc: Techspot)

Selain berpotensi negatif, wabah virus corona ini ternyata memiliki dampak lain terhadap industri gim.

Salah satu contoh adalah meningkatnya angka unduhan gim Plague Inc di beberapa negara, terutama di Tiongkok.

Tidak dapat disangkal, virus corona memiliki dampak signifikan terhadap industri gim. Namun, masih harus dilihat lebih lanjut lagi apakah itu benar-benar menyebabkan penundaan dirilisnya PS5 dan Xbox Seri X.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓