Sukses

Spotify Kejar Pertumbuhan Pendengar Podcast di Layanannya

Untuk pendengar konten podcast, Spotify mengalami peningkatan sebanyak 200 persen pada kuartal terakhir 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify mengungkapkan laporan pendapatan pada kuartal terakhir 2019. Soal pengguna, ada peningkatan sebesar 29 persen dibandingan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Saat ini Spotify memiliki pelanggan premium lebih banyak dibandingkan dengan Apple, yakni 124 juta pelanggan premium (berbayar). Sementara Apple hanya memiliki 60 juta pelanggan Apple.

Dilansir dari Mashable India, Jumat (6/2/2020), meski Spotify memerkirakan kerugian di kuartal pertama tahun 2020, Spotify tetap memproyeksikan peningkatan pertumbuhan pengguna aktif bulanan dan premium.

Untuk pendengar konten podcast, Spotify mengalami peningkatan sebanyak 200 persen pada kuartal terakhir 2019, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Perusahaan asal Swedia itu merilis podcast orisinal untuk pertama kalinya pada 2018. Sejak saat itu, konten podcast dibuka lebih luas.

Sebanyak 51 persen orang Amerika berusia 12 tahun atau lebih mengaku telah mendengarkan podcast. Karena hal ini, Spotify tampak lebih yakin bahwa pasar akan membantu menumbuhkan dominasi mereka atas Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Fitur Stories untuk Influencer

Sebelumnya  Spotify dilaporkan akan mengadopsi fitur stories di aplikasinya. Layanan streaming asal Swedia itu bahkan sudah melakukan uji coba dengan influencer untuk menjajal fitur ini.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (23/1/2020), influencer pertama yang mencoba fitur ini adalah bintang YouTube Summer Mckeen. Dia menggunakan fitur Stories ini lewat playlist buatannya.

Untuk informasi, layanan stories milik Spotify ini tak berbeda dari aplikasi lain, yakni menampilkan video pendek. Bedanya, stories ini baru dapat diakses dari playlist pengguna yang disetel publik atau dapat dilihat orang lain.

Jadi, akses masuk untuk stories pengguna ini akan muncul di atas judul playlist tersebut. Sama seperti fitur stories lain, pengguna juga dapat melihat indikator jumlah video yang tersedia, berdasarkan garis horinzotal di atas video.

3 dari 3 halaman

Tidak akan menjadi media sosial

Selain video pendek, fitur stories di Spotify ini juga dapat digunakan untuk menampilkan gambar album atau lagu yang ada di playlist tersebut.

Meski hadir dengan fitur stories, Spotify disebut tidak ingin berubah menjadi platform media sosial. Layanan streaming ini diprediksi menggunakan fitur ini dipakai untuk memperkuat platformnya.

Spotify sendiri mengatakan uji coba semacam ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Karenanya, belum ada informasi mengenai kapan fitur ini akan hadir untuk pengguna yang lebih luas.

(Fitriah Nurul Annisa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini