Sukses

iOS 13.4 Bakal Bisa Jadikan iPhone Sebagai Kunci Mobil

API CarKey pada iOS 13.4 digadang-gadang bisa memungkinkan pengguna memakai iPhone atau Apple Watch mereka untuk mengunci atau membuka kunci dan menyalakan mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat smartphone berfungsi sebagai kunci mobil bukan hal baru. Teknologi ini sebelumnya pernah diadopsi oleh perusahaan otomotif Hyundai.

Kini, Apple ikut tertarik pada teknologi ini. Mereka pun membuat produknya sendiri yang memungkinkan iPhone berfungsi sebagai kunci mobil.

Kemampuan membuat iPhone jadi kunci mobil diboyong Apple di iOS 13.4 beta yang belum lama ini diluncurkan.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (6/2/2020), terdapat API CarKey pada beta program iOS 13.4 beta.

API CarKey ini digadang-gadang bisa memungkinkan pengguna memakai iPhone atau Apple Watch mereka untuk mengunci atau membuka kunci dan menyalakan mobil.

Hal ini bisa dilakukan selama mobil yang hendak di-starter dengan iPhone memiliki fitur NFC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Butuh Autentikasi Face ID

Selain itu, tampaknya pengguna tidak memerlukan FaceID untuk mengautentikasi pengguna. Tentunya hal ini berbahaya.

Namun dalam kenyataannya, pengguna tetap bisa menggunakan fitur ini untuk mengunci mobil, jika iPhone atau Apple Watch-nya kehabisan baterai.

Hal yang menarik dari temuan ini adalah, kemampuan iPhone sebagai kunci mobil memungkinkan pengguna untuk berbagai "kunci" mereka dengan orang lain.

3 dari 3 halaman

Bisa Pinjamkan Mobil ke Orang Lain

Jadi, jika kita sedang ke luar kota dan ada keluarga atau teman dekat yang ingin meminjam mobil, kita bisa langsung mengirimkan kunci virtual ke mereka.

Sayangnya, masih belum jelas seperti apa detail mengenai fitur CarKey ini. Namun, jangan heran kalau fitur serupa bakal segera hadir.

Sebelumnya, Apple telah memiliki paten yang digadang-gadang akan menerapkan teknologi Ultra Wideband untuk mengubah iPhone menjadi kunci mobil. Penasaran?

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini