LG Absen dari MWC 2020 Gara-Gara Virus Corona

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Feb 2020, 08:54 WIB
Diperbarui 05 Feb 2020, 08:54 WIB
Samsung MWC
Perbesar
Suasana booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Jakarta - Mobile World Congress (MWC) selalu jadi ajang yang ditunggu-tunggu di dunia teknologi.

Pasalnya, di pameran teknologi tahunan yang digelar di Barcelona, Spanyol ini, perusahaan-perusahaan teknologi memamerkan inovasi dan smartphone terbaru mereka.

Namun, perusahaan Korea Selatan LG Electronics memilih untuk mundur dari MWC 2020. LG Electronics merupakan divisi dari LG yang bertanggung jawab atas produk smartphone dan produk konsumer lainnya.

Tak disangka-sangka, LG Electronics mengaku mundur dari MWC 2020 lantaran mewabahnya virus corona.

Mengutip laman The Verge, Rabu (5/2/2020), LG bukan satu-satunya perusahaan yang mundur dari MWC 2020. Sebelumnya, ZTE juga membatalkan keikutsertaannya di MWC 2020.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pernyataan LG

CES 2017
Perbesar
TV OLED beresolusi 4K dan 8K jadi andalan LG di Consumer Electronics Show (CES) 2017. (Liputan6.com/Corry Anestia)

"Terkait keamanan karyawan dan publik secara umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari pameran dan partisipasi di MWC 2020 yang akan digelar akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol," kata juru bicara LG dalam pernyataannya.

Lebih lanjut disebutkan, keputusan ini bertujuan mencegah risiko paparan ratusan karyawan (dari virus corona).

"Keputusan ini akan mencegah terpaparnya karyawan LG (dari virus corona) akibat perjalanan internasional, seperti yang disarankan oleh sebagian besar pakar kesehatan," kata dia.

Namun, sebagai pengganti partisipasinya dalam MWC, LG akan mengadakan acara terpisah dalam waktu dekat untuk mengumumkan produk mobile terbarunya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang MWC

Samsung MWC
Perbesar
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar informasi, MWC merupakan konferensi yang fokus ke produk smartphone. Ajang ini digelar tiap tahun, utamanya di bulan Februari di Bercelona, Spanyol.

Ajang ini juga biasanya menjadi tujuan utama bagi pabrikan dan manufaktur teknologi Asia untuk memamerkan produk smartphone atau teknologi terbarunya.

MWC digelar oleh GSMA yang sebelumnya sudah memastikan, pameran bakal tetap digelar sesuai yang direncanakan.

GSMA juga baru-baru ini mengatakan, ada dampak minimal pada acara MWC ini karena virus corona. Namun, GSMA juga telah mengeluarkan sejumlah langkah untuk memitigasi risiko.

Misalnya saja, mengeluarkan kebijakan tanpa jabat tangan di acara dan tindakan kebersihan yang lebih agresif di sekitar mikrofon, speaker, dan ruang demo.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓