Dua Alternatif untuk Microsoft Office Gratis

Oleh Liputan6.com pada 04 Feb 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 04 Feb 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi bermain komputer
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Komputer biasanya dilengkapi dengan perangkat lunak pengolah kata bawaan, namun fiturnya sangat terbatas.

Apabila komputer yang kamu beli belum dilengkapi software tersebut, maka kamu harus membelinya secara terpisah dengan harga yang agak mahal, seperti Microsoft Office.

Berkat aturan Free and Open-Souce Software (FOSS), ada dua alternatif yang bisa kamu unduh guna menghindari biaya besar untuk perangkat lunak pengolah kata.

Mengutip laman Popcsci, Selasa (4/2/2020), di bawah ini adalah dua alternatif Microsoft Office yang patut dijadikan pilihan.

2 dari 3 halaman

LibreOffice

Cara Mudah Translate File PDF ke Bahasa Indonesia
Perbesar
Microsoft Word / Sumber: Pixabay

LibreOffice-Writer merupakan program pengolah kata dari LibreOffice. Cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word, di mana kamu bisa menyesuaikan font, memasukkan gambar, dan angka.

LibreOffice juga mencakup program "Calc" untuk membuat spreadsheet, "Impress" untuk tampilan slide, serta "Math" untuk menampilkan persamaan matematika dan beberapa lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Notepad++

6 Cara Mudah Untuk Mengatasi PC Berisik
Perbesar
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Notepad++ merupakan sebuah penyuntingan teks dan penyuntingan source code yang berjalan di sistem operasi Windows.

Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyunting teks serta berkas source code dengan berbagai bahasa pemograman.

(Fitriah Nurul Annisa/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓