Sukses

Kini Sel Surya Mampu Bekerja pada Malam Hari dan Hasilkan Energi

Penelitian terkini berhasil membuat sel surya yang mampu bekerja pada malam hari dan menghasilkan energi.

Liputan6.com, Jakarta - Sel fotovoltaik umumnya berfungsi pada siang hari karena sel ini mengandalkan tenaga yang bersumber pada energi matahari (surya). Oleh sebab itu, ia juga disebut sel surya.

Namun penelitian terkini berhasil membuat sel fotovoltaik/sel surya yang mampu bekerja pada malam hari. Penelitian ini digagas oleh Jeremy Munday, seorang profesor di Department of Electrical and Computer Engineering di UC Davis.

Jeremy saat ini tengah mengembangkan purwarupa sel fotovoltaik yang dapat bekerja pada malam hari dan menghasilkan energi dalam skala kecil.

"Sel surya biasa menghasilkan daya dengan menyerap sinar matahari, yang menyebabkan tegangan muncul di seluruh perangkat dan arus mengalir," kata Jeremy dikutp dari Eurekalert, Kamis (30/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses berlawanan

Namun dalam temuan Jeremy, sinar malah dipancarkan, bukan diserap. Dengan demikian, meski arus dan tegangan bergerak menuju ke arah berlawanan, proses ini tetap akan menghasilkan daya.

Secara garis besar, perangkat yang diperlukan dalam proses ini memiliki bentuk fisik serupa. Namun, ada material berbeda yang digunakan pada perangkat itu.

Uniknya, perangkat ini juga dapat bekerja pada siang hari dengan setelan tertentu. Oleh sebab itu, Jeremy meyakini bahwa sel surya ini merupakan salah satu alternatif menarik karena berpotensi untuk beroperasi sepanjang waktu.

Ke depannya Jeremy berharap dapat meningkatkan energi yang dihasilkan dari perangkat ini.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.