Bill Gates Ternyata Punya Banyak Saham di Apple

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Jan 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 29 Jan 2020, 17:00 WIB
Bill Gates Serukan agar Warga Dunia Waspada Penyakit Pandemi (Paolo Bona/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Kepiawaiannya mengembangkan Microsoft jadi perusahaan software nomor satu di dunia.

Meski kaya, Gates sangatlah dermawan. Gates menggunakan harta kekayaannya untuk tujuan filantropi dengan membuat sebuah yayasan bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Berdasarkan data 2019, Bill Gates diyakini masih memiliki 330 juta lembar saham Microsoft. Mengutip The Next Web, Rabu (29/1/2020), saham Microsoft yang dimilikinya senilai USD 55 miliar, atau setara dengan 4,3 persen dari total perusahaan.

Gates dan sang istri, Melinda, juga membuat sumber pendanaan terpisah untuk mendukung yayasan amalnya, yakni Bill and Melinda Gates Foundation Trust. Pendanaan ini berasal dari pendapatan saham-saham lainnya yang lebih beragam (di luar saham Microsoft).

Dalam laporan kuartal ke otoritas SEC per November 2019, pendanaan yayasan ini berasal dari saham-saham Bill Gates di 16 perusahaan. Total nilainya ada USD 21 miliar.

2 dari 3 halaman

Investor Apple

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet tidak memiliki smartphone.

Lewat Bill and Melinda Gates Foundation Trust, Gates juga berinvestasi di satu perusahaan tunggal bernama Berkshire Hathaway.

Perusahaan ini didirikan Gates bersama miliarder Warren Buffet, yang juga teman baiknya.

Berskhire Hathaway sendiri merupakan investor utama di perusahaan-perusahaan Amerika yang terkenal dan terdaftar publik. Misalnya saja Coca-Cola, Wells Fargo, Delta Air Lines, dan musuh lama Microsoft, Apple.

Uniknya, Berkshire Hathaway memiliki 248.838.679 lembar saham Apple (sekitar 5,68 persen) dengan nilai USD 79 miliar (Rp 955 triliun) per hari ini.

3 dari 3 halaman

Berapa Banyak Saham Bill Gates di Apple?

Bill Gates Prediksi Vaksin HIV Hadir Pada 2030
Pendiri Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates ungkapkan vaksin dan obat melawan HIV hadir 15 tahun lagi.

Namun, seberapa banyak sih yang dimiliki Bill Gates di Berskhire Hathaway? Berikut rinciannya.

- Bill and Melinda Gates Foundation Trust memiliki 54,9 juta lembar saham Bershire Hathaway per November 2019. Dengan market cap USD 555 miliar, nilainya setara USD 12,5 miliar (Rp 170,5 triliun) atau 2,25 persen dari total nilai perusahaan.

- Bershire Hathaway memiliki 248,8 juta lembar saham Apple per November 2019. Dengan market cap USD 1,4 triliun, nilai saham Apple yang dimiliki Berkshire Hathaway adalah 5,68 persennya, yakni USD 79 miliar (sekitar Rp 1.077,7 triliun).

- Bisa disimpulkan, 2,25 persen dari saham Bershire Hathaway di Apple adalah milik Bill and Melinda Gates. Jika dikalkulasi, USD 1,8 miliar (sekitar Rp 24,5 triliun) saham Apple adalah milik Bill Gates.

Jika dihitung-hitung, hanya 0,13 persen dari total valuasi Apple yang dimiliki oleh yayasan Bill and Melinda Gates Foundation Trust.

Perlu diingat, jumlah tersebut juga tidak digunakan secara personal oleh Bill Gates, melainkan untuk keperluan donasi dan filantropi.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓