Google Bakal Rilis Aplikasi Mirip AirDrop

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Jan 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 12:05 WIB
Google

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan akan berencana meluncurkan aplikasi serupa AirDrop besutan Apple. Informasi ini diketahui dari laporan XDA beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (27/1/2020), XDA menemukan ada APK (Android Application Package) yang diberi nama Nearby Sharing.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk berkirim foto atau file dengan perangkat sekitar secara langsung, serupa AirDrop. Namun berbeda dari besutan Apple, Nearby Sharing dilengkapi dengan sejumlah pengaturan privasi.

Salah satunya adalah 'hidden mode' yang memungkinkan pengguna mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan file padanya.

Untuk sekarang, Google dilaporkan sudah menguji coba sejumlah fitur ini untuk perangkat Android, baik Pixel dan non-Pixel. Karenanya, ada kemungkinan aplikasi ini dapat hadir untuk seluruh perangkat Android, termasuk Chrome OS.

Kendati demikian, Google belum memberikan informasi resmi mengenai aplikasi ini. Untuk itu, tak ada salahnya menunggu informasi langsung dari raksasa internet tersebut.

Selain Google, vendor smartphone Android lain juga diketahui sedang membuat aplikasi dengan kemampuan serupa. Terbaru, ada Samsung yang siap merilis aplikasi berbagi file saat peluncuran Galaxy S20.

Memiliki nama Quick Share, aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi file secara instan dengan orang yang ada di dekatnya. Meski begitu, pengguna tetap diberi akses untuk melakukan pembatasan siapa saja yang bisa mengirimkan file.

2 dari 3 halaman

Maksimal 2GB Per Hari

Samsung MWC
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk melakukan pengiriman file, Quick Share akan mengunggah file ke Samsung Cloud sebelum mengunduhnya di perangkat. Mode ini tampaknya cukup terbatas, maksimal 2GB per hari.

AirDrop sendiri dirilis untuk iOS dan MacOS sejak 2011. Sementara Android harus berjuang cukup keras untuk menghadirkan fitur serupa.

Android sebenarnya menghadirkan fitur layanan berbagi file berbasis NFC bernama Android Beam. Namun, fitur ini dihentikan pada Android 10.

Pada sisi lain, aplikasi Google File juga menghadirkan fungsi berbagi file serupa, tetapi Google File tidak bersifat build-in langsung di Android.

3 dari 3 halaman

Bukan Cuma Samsung

Xiaomi, Oppo, dan Vivo
Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Dok: theverge.com

Samsung bukanlah satu-satunya pabrikan Android yang menghadirkan layanan berbagi file kompetitor AirDrop.

Akhir 2019, tiga manufaktur smartphone Tiongkok yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo mengumumkan bahwa mereka membuat protokol transfer peer-to-peer yang memungkinkan transfer file antar perangkat. Layanan ini akan dirilis bulan depan.

Sementara itu, OnePlus juga memiliki sistem transfer file mereka sendiri yang bernama FileDash. Namun, layanan ini terbatas digunakan hanya di perangkatnya.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓
Intip Vivo V19, Smartphone Kekinian dengan Lubang di Layar