Sukses

Telkomsel Perkuat Kualitas Jaringan 4G di 5 Lokasi Wisata di Indonesia

Telkomsel telah melakukan peningkatan dan penguatan kualitas jaringan terutama jaringan 4G di 5 lokasi superprioritas wisata di Tanah Air, yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah melakukan peningkatan dan penguatan kualitas jaringan terutama jaringan 4G di 5 lokasi superprioritas wisata di Tanah Air, yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Kami terus mendukung pemerintah untuk memajukan pariwisata di seluruh Indonesia, dan secara khusus kami telah memperkuat dan menambah jaringan broadband 4G kami terutama di 5 destinasi super prioritas yang menjadi fokus pemerintah tahun ini," ujar Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R dalam keterangannya.

Guna mendukung aksesibilitas jaringan pita lebar di 5 titik wisata tersebut, Telkomsel menambah infrastruktur BTS 4G menjadi lebih dari 330 BTS 4G.

Di kawasan Danau Toba, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi yang di antaranya meliputi Kawasan Wisata Danau Toba dan sekitarnya. Di wilayah Likupang, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau sekitar 75 persen wilayah di keseluruhan area wisata.

Layanan 4G Telkomsel juga telah menjangkau hampir 100 persen populasi di kawasan Borobudur dan sekitar 90 persen wilayah populasi Labuan Bajo, di dalamnya termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo.

Kemudian di Mandalika, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100 persen wilayah yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Khusus di wilayah KEK Mandalika Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE untuk menyukseskan ajang MotoGP 2021 di sana. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergeseran perilaku konsumen

Venus juga menyoroti pergeseran perilaku komunikasi wisatawan. Mereka kini lebih sering mengunggah foto dan video daripada berkirim SMS atau melakukan panggilan suara.

Selain itu, wisatawan juga sering memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, dan melakukan pembayaran secara online, serta informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ di sekitar lokasi wisata.

Hingga saat ini Telkomsel telah membanguan lebih dari 209.000 BTS dan 160.000 di antaranya merupakan BTS 4G dan 3G. Selain itu, sekitar 14.990 BTS diantaranya adalah BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara Indonesia.

(Why/Ysl) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini