Sukses

Cara Aktifkan Dark Mode di WhatsApp untuk Android

Cek cara mengaktifkan fitur dark mode di WhatsApp untuk Android di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah merilis fiturdark mode untuk aplikasinya di Android. Namun, mode baru ini baru dapat dinikmati sejumlah pengguna yang terdaftar sebagai penguji beta.

Cara untuk menjadi penguji beta di Android, kamu terlebih dulu harus mendaftakan di Play Store. 

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menjajal dark mode di WhatsApp dapat lebih dulu mengunduh WhatsApp versi beta 2.20.13. Setelahnya, kamu dapat mulai mencoba fitur dark mode ini dengan mengaksesnya dari menu Settings.

Dikutip dari Android Police, Rabu (22/1/2020), setelah membuka menu Settings, pengguna WhatsApp tinggal memilih opsi Chats. Begitu terbuka, pengguna akan melihat tiga opsi tema, yakni Light, Dark, Set by Battery Saver.

Bagi pengguna yang ingin mengaktifkan dark mode tinggal memilih opsi Dark. Sementara untuk opsi Battery Saver, WhatsApp akan secara otomatis beralih antara Light dan Dark sesuai pengaturan.

Perlu diketahui, dark mode untuk aplikasi milik Facebook ini kemungkinan baru akan hadir pada akhir Januari 2020. Kendati demikian, WhatsApp sendiri belum mengonfirmasi kabar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Dark di WhatsApp

Sekadar informasi, dark mode di WhatsApp dimaksudkan untuk mengurangi kesilauan pada mata pengguna. Terutama mereka yang terlalu sering melihat ke layar smartphone.

Tak hanya itu, kehadiran dark mode juga dipercaya bakal mengurangi tingkat konsumsi baterai di smartphone.

WABetaInfo menyebut, pengguna akan memiliki opsi untuk menautkan dark mode WhatsApp dengan mode penghemat baterai di smartphone.

Nantinya, dalam dark mode, WhatsApp memiliki layar belakang hitam dengan teks putih. Sementara saat ini adalah kebalikannya.

3 dari 3 halaman

Siap Hadir dalam Waktu Dekat

Berdasarkan informasi dari orang yang menguji Dark Mode di WhatsApp, fitur tersebut sudah siap dirilis untuk aplikasi Android. Sementara untuk iOS, masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan, tapi diyakini juga akan segera hadir.

Berdasarkan laporan bulan lalu, WhatsApp menyiapkan dua versi Dark Mode berdasarkan Accessibility Settings iPhone. Selain Dark Mode, para pengguna iOS juga akan bisa mengaktifkan Low Data Mode, yang akan menghentikan unduhan otomatis pesan suara. Hal ini membuat pengguna bisa mengurangi penggunaan data.

Selain itu, juga akan ada dukungan WhatsApp untuk Haptic Touch. Berkat fitur tersebut, pengguna bisa menyentuh dan menahan ikon aplikasi untuk melihat opsi-opsi tambahan.

Bagi pengguna handset dengan layar AMOLED, fitur Dark Mode bisa menghemat daya baterai. Ini karena warna hitam yang diciptakan pada panel OLED dengan mematikan piksel di area-area yang sesuai, membuat daya baterai lebih hemat.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini