Sukses

3 Tips Penting untuk Pemakaian Smartphone Harian

Berikut ini 3 (tiga) hal tips yang penting kamu ingat untuk pemakaian harian smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Tak berlebihan rasanya menyebut smartphone sebagai gadget wajib masa ini. Harga yang semakin murah dan fitur semakin canggih dari masa ke masa membuat adopsi smartphone begitu masif. 

Namun, tidak jarang sebagian pengguna smartphone masih abai terhadap beberapa hal simpel. Padahal, hal-hal itu penting untuk diperhatikan. 

Berikut ini 3 (tiga) hal yang penting kamu ingat untuk pemakaian harian smartphone. 

1. Kunci layar 

Boleh jadi kamu masih menemukan orang yang tidak menerapkan kunci layar pada smartphone mereka. Padahal saat ini ada beberapa metode kunci layar dan ini penting untuk mengamankan smartphone dari tangan jahil. 

Bayangkan, ketika smartphone kamu terjatuh dan kunci layar tidak aktif, maka siapa pun yang menemukan smartphone itu, bisa dengan mudah mengakses aplikasi dan data di dalamnya. Bagaimana jika smartphone itu jatuh ke tangan jahil? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan VPN pada jaringan WiFi terbuka

Jaringan WiFi gratis banyak ditemukan di tempat-tempat publik seperti bandara, kafe, dan sebagainya. Namun tidak jarang, jaringan WiFi itu bersifat terbuka. 

Oleh sebab itu, ketika kamu menghubungkan smartphone dengan jaringan WiFi terbuka, sebaiknya kamu menggunakan VPN demi keamanan. 

3 dari 3 halaman

3. Tautan berbahaya

Tautan berbahaya biasanya dapat mudah ditemukan di situs web yang memuat konten ilegal. Klik pada salah tautan itu bisa membuat kamu kerepotan karena bisa saja smartphone kamu malah terpasang malware atau aplikasi berbahaya lainnya. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak mengunjungi situs web yang menyediakan konten ilegal karena dua hal: konten di dalamnya ilegal dan alasan keamanan yang menghantui kamu.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini