Samsung Kini Punya Bos Smartphone Baru

Oleh Agustinus Mario Damar pada 21 Jan 2020, 14:03 WIB
Diperbarui 21 Jan 2020, 14:03 WIB
Roh Tae-moon

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja mengumumkan pimpinan baru untuk divisi mobile-nya. Perusahaan asal Korea Selatan itu kini memperkenalkan Roh Tae-moon sebagai kepala mobile baru, menggantikan DJ Koh.

Dikutip dari Reuters, Selasa (21/1/2020), Roh sudah menggantikan peran DJ Koh mulai awal pekan ini. Sementara DJ Koh masih di Samsung, tapi akan lebih fokus untuk memperkuat lini bisnis Samsung yang lain.

Untuk diketahui, Roh merupakan veteran Samsung dan sudah bekerja selama kurang lebih dua dekade di perusahaan tersebut. Dia dikenal sebagai salah satu pakar soal ponsel.

"Roh dikenal sebagai orang yang memperluas kebijakan desain smartphone Samsung dari low-range ke mid-range," tutur analis CIMB Lee Dohoon.

Dengan penunjukkan ini, Roh dipastikan akan menjadi sosok yang memperkenalkan smartphone premium anyar Samsung pada ajang Unpacked bulan depan.

Dalam kesempatan itu, Samsung digadang-gadang tidak hanya akan memperkenalkan Galaxy S20, tapi juga smartphone layar lipat generasi kedua.

2 dari 3 halaman

Samsung Konfirmasi Kehadiran Galaxy S20 Bulan Depan

Galaxy S11
Gambar render Galaxy S11. (Doc: @OnLeaks via 91mobiles)

Sebelumnya, Samsung memastikan diri untuk merilis Galaxy S20 bulan depan, tepatnya 11 Februari 2020. Informasi ini diketahui dari video unggahan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Dikutip dari The Verge, Senin (6/1/2020), event Unpacked tersebut akan digelar di San Fransisco. "Katakan halo untuk Galaxy yang benar-benar baru," tulis Samsung di akun Twitternya.

Seperti diwartakan sebelumnya, event itu akan menjadi debut smartphone premium anyar Samsung. Namun soal penamaan belum dapat dipastikan, sebab ada laporan yang menyebutnya sebagai Galaxy S20. 

Terlepas dari nama yang akan digunakan nantinya, render dan spesifikasi smartphone ini sudah beredar di internet. Galaxy S11 disebut akan mengusung Snapdragon 865 dan Exynos 990--tergantung lokasi penjualannya.

Selain prosesor, diketahui juga Galaxy S20 5G ini tampil dengan RAM 12GB. Ini berarti opsi RAM 12GB tidak hanya terbatas pada seri Galaxy S11 Plus.

Tidak hanya itu, laporan terbaru juga menyebut smartphone ini akan menawarkan layar dengan refresh rate 120Hz. Sementara untuk kamera belakang, smartphone ini memiliki desain mirip Galaxy A71 dan A51.

Perubahan juga melibatkan kamera selfie smartphone, yang kali ini dipindahkan dari sisi kanan layar ke tengah Galaxy S20.

3 dari 3 halaman

Samsung Akan Pakai Nama Galaxy S20 untuk Penerus Galaxy S10?

Galaxy S11
Gambar render Galaxy S11. (Doc: @OnLeaks/ 91mobiles)

Sebelumnya, walau belum ada konfirmasi resmi dari Samsung, dunia maya sudah dibanjiri oleh bocoran Galaxy S11, mulai dari render hingga spesifikasinya.

Terkini, kabar merujuk kepada perubahan nama smartphone flagship tersebut saat diumumkan pada bulan depan nanti.

Informasi ini diungkap oleh pembocor informasi kenamaan, Ice Universe. Dilansir akun Twitter-nya, Jumat (27/12/2019), Galaxy S11 akan disebut sebagai Galaxy S20.

"Tahun depan adalah 2020, dan 20 menandai awal yang baru," cuit Ice Universe. 

Informasi, seri Galaxy S menandai debutnya pada 2010 dan sejak itu menjadi lini andalan smartphone Samsung.

Berdasarkan hal tersebut, hal yang tak mungkin Samsung akan menandai awal dekade baru ini dengan Galaxy S20 ketimbang Galaxy S11.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓