Sony Akan Ungkap Konsol PS5 pada Februari 2020

Oleh Yuslianson pada 21 Jan 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2020, 16:00 WIB
PS5

Liputan6.com, Jakarta Sony memang sudah mengonfirmasi konsol gim teranyarnya, PlayStation 5 (PS5), bakal diumumkan secara resmi pada musim liburan 2020.

Kabar terkini, perusahaan asal Jepang itu mungkin akan memperlihatkan bentuk PS5 lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan pengembang dan gim desainer, David Scott Jaffe, yang membuat gim eksklusif PlayStation, seperti Twisted Metal dan God of War.

Dikutip dari akun Twitter-nya via BGR, Selasa (21/1/2020), Sony akan meluncurkan PS5 pada Februari 2020. "Pengumuman PS5 akan berlangsung kurang dari 4 minggu lagi," tulis Jaffe di akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Sony mengonfirmasi tidak akan menghadiri dan menggelar acara khusus di ajang gim terbesar di dunia pada tahun ini, yakni E3 2020.

 

2 dari 4 halaman

Ikuti Jejak PS4

PS4

Berdasarkan pengalaman beberapa tahun sebelumnya, pengumuman PS5 di Februar cukup masuk akal.

Informasi, Sony pertama kali mengumumkan kehadiran konsol gim PS4 pada 21 Februari 2013, lebih awal dari tanggal rilis "liburan" yang dijadwalan perusahaan.

Berhubung Microsoft sudah mengumumkan kehadiran Xbox Series X (lengkap dengan bentuk), Sony sudah seharusnya menghadirkan konsol PS5 ke ranah publik.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PS5 Bocor di Internet

Foto render konsol PS5 yang muncul di internet. (Doc: LetsGoDigital)

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari GitHub, seorang karyawan AMD kedapatan menyimpan data pengujian internal yang kemudian dikonfirmasi sebagai informasi akurat data itu adalah PS5 oleh Digital Foundry.

Dilansir Digital Foundry, Kamis (2/1/2020), bocoran itu valid karena kode nama prosesor tersebut sama persis dengan spesifikasi PlayStation sebelumnya.

Terungkap pula, PS5 akan memiliki kemampuan untuk memainkan gim konsol sebelumnya (kompatible main gim PS4).

Masih berdasarkan analisis oleh Digital Foundry, performa prosesor PS5 ini hanya mencapai angka 9,2 teraflops (tflop).

Kemampuan PS5 ini lebih rendah ketimbang performa prosesor milik Xbox Series X yang mencapai 12 tflops, berdasarkan bocoran dari Windows Central.

4 dari 4 halaman

Sasar Segmen Gamer Berbeda

Sony daftarkan paten konsol PS5. (Doc: LetsGoDigital)

Lebih lanjut, banyak yang memprediksi perbedaan performa PS5 dan Xbox Series X berhubungan dengan segmen pasar gamer yang disasar.

Microsoft menargetkan Xbox Series X untuk gamer hardcore yang mencari konsol berperforma tinggi--dan akan memiliki harga mahal.

Sementara itu, konsol PS5 bakal menyasar gamer umum dengan harga konsol yang lebih terjangkau.

Bagaimana dengan kamu, bakal pilih membeli PS5 atau Xbox Series X?

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓