Cara Cek Tombol Keyboard Bermasalah

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 21 Jan 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi Keyboard, Tombol Keyboard.

Liputan6.com, Jakarta - Keyboard merupakan salah satu komponen penting bagi laptop. Tanpa keyboard, laptop hanyalah seonggok layar.

Pada kondisi darurat, kita bisa menggunakan keyboard virtual bawaan sistem operasi laptop yang kita gunakan. Namun tentu saja, tingkat kenyamanan keyboard virtual berbeda dengan keyboard fisik.

Opsi lain, bisa saja kita menggunakan keyboard fisik dari pihak ketiga, entah itu yang dihubungkan dengan menggunakan kabel USB atau secara nirkabel melalui Bluetooth, tetapi tentu itu memakan biaya lain.

Nah, buat kamu yang mau cari tahu apakah tombol keyboard kamu bermasalah, ada satu cara mudah yang bisa kamu coba dari startup lokal Urgent.id.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Cara kerja layanan ini cukup simpel. Pengguna cuma perlu mengetik tombol keyboard miliknya satu per satu. Ini berlaku tidak hanya untuk keyboard laptop, tetapi juga untuk keyboard lainnnya.

Kunjungi alamat https://urgent.id/keyboard. Di sana Urgent.id menampilkan sebidang layar putih dengan ilustrasi tombol keyboard.

3 dari 3 halaman

Tekan satu per satu

Cara Cek Tombol Keyboard Bermasalah
Cara Cek Tombol Keyboard Bermasalah. Kredit: Urgent.id

Jika tombol keyboard yang kamu tekan berfungsi dengan baik, tombol keyboard di layar akan menyala warna hijau. Dengan demikian, kamu akan dapat mengetahui, apakah tombol-tombol yang kamu tekan, berfungsi dengan baik atau tidak.

Tombol itu tidak terbatas pada alfanumerik, tetapi juga tombol lainnya seperti Tab, Caps Lock, F1, F2, dan seterusnya--layaknya tombol keyboard pada umumnya.

(Why/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓