Sukses

Facebook Kini Kirim Notifikasi Jika Pengguna Login ke Aplikasi Pihak Ketiga

Notifikasi ini bakal memberitahukan pengguna terkait informasi apa saja dari Facebook yang dibagikan ke aplikasi/layanan pihak ketiga itu.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kini menghadirkan fitur login terbaru bernama Login Notifications.

Mengutip The Next Web, Selasa (21/1/2020), Facebook bakal mengirimkan notifikasi dan email setiap kali pengguna login atau re-login ke sebuah aplikasi memakai akun Facebook.

Notifikasi ini bakal memberitahukan pengguna terkait informasi apa saja yang dibagikan ke aplikasi/layanan pihak ketiga itu.

Facebook juga menawarkan tombol praktis ke menu pengaturan, jika pengguna ingin menghapus akses mereka.

Fitur baru ini merupakan perubahan kecil yang dihadirkan Facebook untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Selain itu, Login Notifications diyakini bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan pemberitahuan akurat terkait berapa banyak informasi yang mereka bagikan ke platform lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Picu Potensi Bahaya

Apalagi saat ini, banyak aplikasi atau layanan pihak ketiga yang mengizinkan pengguna login ke platform mereka, menggunakan akun Facebook.

Saking mudahnya, hal ini memicu potensi bahaya, terkait dengan keamanan data. Dengan login menggunakan akun Facebook, data pengguna bisa dialihkan dan diakses oleh aplikasi atau layanan pihak ketiga.

3 dari 3 halaman

Pengguna Tidak Sadar

Apalagi, menurut studi terbaru Pew Research Center, banyak pengguna internet yang tidak sadar akan keamanan data serta fakta bahwa Facebook memiliki Instagram dan WhatsApp.

Bahkan, hasil penelitian lainnya menyebut, tiga perempat responden tidak menyadari betapa banyak data yang diperoleh Facebook dari mereka.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini