Xbox One Console Streaming Kini Menjangkau Seluruh Dunia

Oleh Agustinus Mario Damar pada 20 Jan 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 14:00 WIB
Xbox One X

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan bahwa fitur Xbox One Console Streaming kini sudah dapat diakses di seluruh dunia. Jadi, Xbox Insiders di setiap negara yang mendukung Xbox Live dapat memanfaatkan fitur ini.

Dikutip dari Game Spot, Senin (20/1/2020), layanan ini memungkinkan pengguna Xbox One memainkan gim miliknya di perangkat Android, baik tablet maupun smartphone.

Layanan ini dapat digunakan dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi maupun seluler. Namun dibutuhkan jaringan yang stabil dan cukup kuat, setidaknya 5GHz untuk Wi-Fi, sedangkan koneksi seluler dengan kecepatan 10Mbps (download) dan 4,7Mbps (upload).

Tidak hanya itu, Microsoft memastikan pelanggan Xbox Games Pass dapat memanfaatkan layanan Xbox Console Streaming ini. Untuk pengguna Xbox One yang tertarik menjajal layanan ini diharuskan untuk bergabung dengan program Xbox Insider terlebih dulu.

Selain itu, pengguna juga sudah memiliki Xbox One Wireless Controller dengan fungsi bluetooth. Setelahnya, kamu tinggal mengunduh aplkasi Xbox Game Streaming Preview dari Google Play Store.

Perlu diketahui, Microsoft pertama kali memperkenalkan layanan ini di Inggris dan Amerika Serikat pada Oktober 2019. Lalu di tahun ini, perusahaan menghadirkannya ke lebih banyak negara.

2 dari 3 halaman

Microsoft Juga Luncurkan Project xCloud

Project xCloud
Microsoft Project xCloud. (Doc: The Verge)

Sebelumnya, Microsoft juga merilis layanan serupa yang diberi nama Project xCloud. Namun, layanan ini sebenarnya lebih mirip dengan Stadia dari Google.

Saya berharap Project xCloud akan tersedia secara umum pada 2020," ucap Phil Spencer, head of gaming di Microsoft, dikutip dari The Verge, Sabtu (16/11/2019).

Microsoft berencana untuk mengintegrasikan Project xCloud dengan Xbox Game Pass juga pada tahun ini.

Dengan ini, gamer bisa streaming gim mereka dari layanan berlangganan milik Microsoft langsung dari cloud.

 

3 dari 3 halaman

Perangkat yang Kompatibel

Project xCloud
Project xCloud bakal diumumkan Microsoft pada 2020. (Doc: Slashgear)

Sayang, Microsoft masih belum mengungkap lebih lanjut tentang harga dan kapan Project xCloud diluncurkan.

Pada pengumuman di acara X019 baru-baru, perusahaan mengungkap informasi tentang perangkat apa saja yang kompatible dengan Project xCloud.

Selain dapat dinikmati di PC berbasis Windows 10 pada 2020, Project xCloud juga bisa dimainkan di Android dan iOS.

Project xCloud ini juga bisa dimainkan menggunakan kontroler non-Microsoft, termasuk DualShock 4 milik Sony.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Handson Galaxy S20 di San Francisco, Warna Pink-nya Manis!