Sukses

Apple Daur Ulang iPhone Pakai Robot

Daur ulang iPhone lawas akan memungkinkan Apple untuk mendapatkan mineral.

Liputan6.com, Jakarta - Daur ulang perangkat lama menjadi salah satu perhatian perusahaan teknologi, termasuk Apple. Perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu saat ini tengah mendorong daur ulang iPhone lawas dengan memakai robot bernama Daisy.

Daur ulang iPhone lawas akan memungkinkan Apple untuk mendapatkan mineral. Apple menyebut ini merupakan bagian dari rencana perusahaan supaya tidak bergantung pada industri pertambangan.

"Kami tidak harus bersaing dengan orang-orang yang menambang (mineral untuk komponen smartphone)," kata Lisa Jackson, kepala lingkungan, kebijakan, dan sosial perusahaan dikutip dari Reuters, Selasa (14/1/2020).

"Tidak ada yang perlu ditakuti oleh penambang dalam pengembangan ini," ujar Lisa melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 mineral

Di sebuah gudang di pinggiran Austin, Texas, robot Daisy memecah iPhone. Dari proses ini, 14 mineral, termasuk lithium, dapat diekstraksi dan didaur ulang.

Sebelumnya Apple sudah menggunakan timah, kobalt, dan logam tanah jarang hasil daur ulang di beberapa produknya.

Perusahaan pada bulan lalu juga membeli sejumlah alumunium aluminium bebas karbon untuk pertama kalinya dari perusahaan patungan antara Rio Tinto dan Alcoa.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.