Bermitra dengan Kemendikbud, Netflix Dukung Pertumbuhan Insan Film Nasional

Oleh Agustinus Mario Damar pada 09 Jan 2020, 16:26 WIB
Diperbarui 09 Jan 2020, 16:26 WIB
Netflix

Liputan6.com, Jakarta Netflix mengumumkan akan mengadakan program pelatihan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang perfilman. Inisiatif ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lewat kemitraan ini, Netflix akan memberikan pelatihan yang berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif, termasuk penulisan naskah dan proses pascaproduksi. Tidak hanya itu, ada pula pelatihan di bidang keamanan online, termasuk tata kelola industri kreatif.

"Melalui program ini, kami akan bermitra dengan kreator lokal dan pengambil kebijakan untuk memperkenalkan indonesia ke dunia melalui cerita," tutur Managing Director Netflix Asia Pacific, Kuek Yu-Chuang.

Inisiatif ini pun disambut baik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Menurut Nadiem, inisiatif ini dapat mengembangkan talenta film di Indonesia.

"Kemitraan yang kami luncurkan ini hanya merupakan tahap pertama dari sebuah program kebudayaan yang inovatif, yang fokus pada menunjukkan kehebatan talenta industri. Tidak hanya perfilman, tapi berbagai macam kebudayaan di Indonesia ke panggung dunia," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Netflix Komitmen untuk Berinvestasi

Cara Agar Anda Bisa Streaming Sepuasnya di Netflix
Cara Agar Anda Bisa Streaming Sepuasnya di Netflix (Netflix)

Selain itu, mengingat film mempunyai format unik yang dapat dikonsumsi secara digital di beragam kanal distribusi, talenta dan kebudayaan Indonesia juga bisa dikenal di dunia internasional.

Untuk diketahui, dalam inisiatif ini, Netflix berkomitmen untuk berinvestasi USD 1 juta (Rp 14 miliar). Jumlah itu akan digunakan untuk mendanai seluruh kegiatan dalam inisiatif ini.

Untuk sekarang, detail mengenai kerjasama ini masih akan dibahas lebih lanjut antara Netflix dengan Kemendikbud. Program ini nantinya juga akan mengundang insan film Indonesia ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan tim kreatif Netflix, termasuk anggota komunitas lain.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓